Kampung Biru, Tarik Wisatawan Dengan Warna Khasnya Klub Sepak Bola

Malang, koranmemo.com-Awal tahun 2018, Kota Malang memunculkan wahana wisata baru yakni Kampung Biru. Dari namanya, Kampung Biru pasti identik dengan warna yang sama. Semua hunian padat penduduk disana memang semua berwarna biru. Sejak proses pengecatan, kampung tersebut sudah sempat menarik masyarakat dengan warna khasnya karena identik dengan klub sepak bola Kota Malang.

Seperti yang terlihat, mulai atap, dinding rumah, hingga semua sudut kampung yang berada di sisi barat Jembatan Brantas, Jalan Gatot Subroto, Kota Malang semua penuh dicat dengan warna biru. Kampung Biru juga ingin mengangkat Kota Malang yang memiliki kebanggaan pada klub sepak bolanya, yakni Arema.

Irmawan Yuwanto, ketua RW 05 mengatakan, setidaknya ada enam Rukun Tetangga (RT) di wilayahnya. Semua warga mendukung perkampungannya menjadi kampung wisata. “Kampung Biru Arema, begitu namanya. Konsep sudah disiapkan oleh Pemkot Malang dan perusahaan cat yang mendukung pengerjaannya. Tak hanya itu, manajemen Arema juga turut menyetujui, karena tema yang diangkat adalah Arema,” ujarnya, Minggu (7/1).

Ditambahkan, pihaknya ingin mengembangakan perekonomian warganya seperti dua kampung tematik sebelahnya. Saat ini di kampung ini tengah dipersiapkan berbagai lukisan dengan simbol Arema dan berlatar biru yang nantinya untuk spot berfoto para wisatawan yang berkunjung. “Kami saat ini telah menjalin kesepakatan untuk membagun sebuah museum Arema yang berisikan replika para pemain serta kumpulan foto-foto Arema dari masa ke masa,” paparnya.

Untuk diketahui, Kampung Arema ini meliputi RW 05 dan RW 04 Kelurahan Kidul Dalem. Untuk pengecatannya hingga saat ini telah menghabiskan 16 ton cat hasil dari dana sosial dari salah satu perusahaan cat. Pengerjaan Kampung Arema ini melibatkan 18 pekerja dan beberapa warga.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Erik Setyo Santoso mengungkapkan, akan terdapat 500 rumah yang akan dicat warna biru. Ratusan rumah tersebut merupakan gabungan dari RW 04 dan 05 Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen┬áKota Malang. “Mengapa kami buat program ini, karena masih menjadi program kelanjutan penataan kawasan dari pemkot Malang,” pungkasnya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.