KAI Daop 7 Berikan Tarif Khusus

Nganjuk, koranmemo.com –  PT KAI Daop 7 Madiun memberikan tarip khusus di beberapa KA (kereta api), dan beberapa relasi agar pemberian tarif semakin terjangkau bagi pelanggan. Langkah ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan serta minat masyarakat untuk menggunakan trasportasi kereta api. Juga untuk menunjukkan jika kereta api merupakan moda transportasi yang efisien, efektif, dan lancar alias bebas macet.

Ixfan Manager Humas Daop 7 Madiun menyampaikan, di Daop 7 Madiun selama ini untuk relasi dari Solo-Madiun, Madiun-Jombang, dan Madiun – Kediri /Tulunggung /Blitar belum diakomodir dengan KA-KA lokal. Ia menyebut, sementara itu di Yogyakarta Daop 6 ada KA Prambanan Express, di Jakarta ada Kereta Rel Listrik, dan Surabaya ada KA Komuter.“Sebetulnya di Daop 7 sudah ada KA lokal Dhoho, Penataran, dan KRD, namun perjalananya hanya berputar dari Blitar ke Surabaya lewat kertosono PP untuk KA Dhoho, Blitar  ke Surabaya lewat Malang PP untuk KA penataran, dan KRD hanya relasi Kertosono ke Surabaya PP lewat jombang. Jadi bagi pelanggan dari arah Solo ke Madiun, dan Madiun ke Jombang/Blitar belum terlayani dengan KA lokal, tetapi telah diberikan tarif khusus untuk KA-KA komersial tertentu. Sebagai contoh KA BANGUNKARTA relasi Madiun – Surabaya Gubeng diberikan tarif khusus sebesar Rp 100 ribu, untuk pelanggan yang tujuan dari Madiun ke Jombang tarif khususnya sama yaitu Rp100 ribu. Mereka berasumsi bahwa lebih diuntungkan pelanggan dengan tujuan Surabaya,” tuturnya, Minggu (21/4).

Lebih jauh, Ixfan menjelaskan, penerapan tarif khusus yang diberikan kali ini berbeda dengan bulan – bulan sebelumnya. Jika pada bulan sebelumnya tarif khusus yang diberikan hanya satu variasi baik tarif maupun relasinya, maka mulai Senin (22/4) penerapan tarifnya lebih bervariasi dan bisa dikatakan lebih murah dari tarif khusus sebelumnya.

“Diharapkan pemberian tarif khusus yang lebih bervariasi ini dapat menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya pelanggan KA wilayah Daop 7 Madiun, sehingga moda transportasi KA menjadi pilihan utama dan semakin dicintai pelanggan,” harap Ixfan.

Tatacara mendapatkan tiket dengan tarif khusus ini masih sama, yaitu dibeli pelanggan mulai dua jam sebelum jadwal keberangkatan KA melalui loket ‘Go Show’ di stasiun atau melalui aplikasi KAI ‘Access’. “Dengan catatan selama persediaan tempat duduk masih tersedia,” pungkas Ixfan.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date