Kadisdik Imbau Honor GTT dan PTT Dari Dana APBD atau BOS

Kediri, koranmemo.com – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri Siswanto mengimbau kepada lembaga pendidikan jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), untuk memperhatikan pemberian honor kepada guru tidak tetap (GTT) maupun pegawai tidak tetap (PTT). Dana yang digunakan bisa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kediri atau dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Dijelaskan, lembaga pendidikan harus lebih memperhatikan penggunaan dana untuk honor atau insentif bagi GTT dan PTT. “Dari APBD, dana dialokasikan untuk insentif sebesar Rp 300.000 kepada GTT/PTT yang diberikan setiap bulannya. Kalau dari lembaga pendidikan, itu nanti menyeseuaikan,” jelasnya, Selasa (10/9).

Bagi lembaga pendidikan yang akan menggunakan dana BOS untuk honor GTT dan PTT, bisa menyesuaikan kemampuan dana karena tiap lembaga mempunyai kemampuan yang berbeda. Dana yang digunakan untuk honor juga mempunyai ketentuan dan harus sesuai dengan prosedur yang ada, tidak boleh asal dalam memberikan honor.

Pasalnya, dana BOS yang digunakan untuk honor GTT dan PTT ini maksimal 15 persen dari dana yang diperoleh lembaga pendidikan. Namun, dana BOS ini juga digunakan untuk keperluan operasional sekolah lainnya, dengan tujuan meningkatkan sarana dan prasarana di lembaga pendidikan.

Dana BOS bisa digunakan untuk pengembangan perpustakaan, pembelajaran dan ekstrakurikuler, ujian, pembelian bahan habis pakai, pembayaran daya atau jasa, perawatan sarpras, pemgembangan profesi guru dan tenaga pendidik, pengelolaan sekolah, pembelian peralatan dan perawatan komputer, biaya lainnya seperti keperluan UKS bahkan bisa digunakan untuk membantu siswa miskin serta kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Meskipun demikian, Siswanto mengimbau supaya lembaga pendidikan bisa memanfaatkan dana tersebut untuk memperlancar proses pembelajaran di sekolah. “Harapannya kan sekolah bisa lebih baik lagi baik dari segi kegiatan belajar mengajar (KBM) sehingga kualitas pendidikan di Kota Kediri semakin meningkat,” ucapnya.

Perlu diketahui, data yang diperoleh dari Disdik Kota Kediri, GTT dan PTT yang ada di Kota Kediri mencapai 788 orang. Untuk jenjang SD dari 111 lembaga, ada 651 GTT dan PTT. Sedangkan untuk jenjang SMP dari 8 lembaga, tercatat sebanyak 137 GTT dan PTT. Lembaga tersebut merupakan lembaga negeri yang tersebar di tiga kecamatan, jika jenjang Taman Kanak-kanak (TK) juga dihitung, maka jumlah GTT dan PTT di Kota Kediri mencapai 802 orang. (Adv)

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date