Jumlah DPT Kabupaten Blitar Berkurang 923 Pemilih

Blitar, koranmemo.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT HP) pada Pileg dan Pilpres 2019. Pada penetapan itu diketahui jumlah DPT sebanyak 964.044. Jumlah ini berkurang sebanyak 923 pemilih dari daftar sebelumnya sebanyak 946.967.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Perencanaan Program dan Data, Masrukin mengatakan, berkurangnya jumlah DPT tersebut, karena beberapa sebab. Diantaranya, ada 894 data pemilih yang dihapus karena  ganda, dan 29 data pemilih tidak memenuhi syarat karena telah  meninggal dunia.

“Secara data jumlah DPT berkurang hingga 923 pemilih. Berkurangnya jumlah DPT ini setelah dilakukan penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT HP),” terang Masrukin, Minggu (16/09).

Menurut Masrukin, data pemilih ganda yang akhirnya dicoret dari DPT ini ditemukan dari data Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar sebanyak 520 pemilih. Sisanya merupakan data pemilih ganda yang ditemukan Partai Politik, dan data analisis dari KPU setelah dilakukan verifikasi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Masrukin menambahkan, PPK sendiri sebelumnya sudah melakukan verifikasi di lapangan terkait data pemilih ganda ini.  Hal itu sesuai Surat Edaran KPU nomor 1033 pertanggal 7 September, yang menyatakan KPU Kabupaten/Kota untuk menganalisis kegandaaan data pemilih rekomendasi Bawaslu dan Partai Politik untuk dihapus dari DPT Pemilu 2019.

“Pemilih ganda yang ditemukan pihak KPU Kabupaten Blitar, jumlahnya lebih banyak dari data yang diterima KPU dari Bawaslu melalui KPU RI,” pungkasnya.

Reporter : arief juli prabowo

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date