Jual Sepeda Curian Lewat Medsos

Blitar, koranmemo.com – Unit Reskrim Polsek Lodoyo Timur mengamankan Dia Nur Arifin (25) warga RT 03/RW 12Dusun Banjarsari Desa/Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Pria yang bekerja sebagai karyawan swasta itu diamankan petugas lantaran mencuri sepeda pancal milik Nida’ul Achsanudin (27) warga RT/RW 002 Lingkungan/Kelurahan Kedungbunder Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Aksi pelaku terbongkar setelah menjual sepeda yang dicuri melalui sebuah media sosial.

Kapolsek Lodoyo Timur, AKP Sukadi melalui Kasi Humas Aiptu Endy Supriyanto mengatakan, peristiwa itu bermula ketika sepeda pancal milik Nida’ul dibawa oleh Siti Salsabila Khonsa yang merupakan keponakannya untuk mengaji usai pulang salat subuh. Usai memarkir sepeda, kemudian Siti masuk untuk mengikuti pengajian sekitar pukul 04.30 WIB.“Ketika itu dia (Siti) memarkir sepedanya dihalaman depan rumah Abdul Kodir,”jelas Edy.

Selang 15 menit kemudian, lanjut Edy, penyelenggara pengajian itu keluar rumah untuk melihat kondisi sekitar serta menuggu jamaah yang lainnya datang. Namun ketika itu, Kodir tak melihat sepeda yang sering dipakai Siti saat mengikuti pengajian.“Kemudian Kodir bertanya kepada Siti mengenai sepeda yang sering dipakainya dan Siti mengatakan menaruhya di halaman depan rumah Kodir,”imbuh Edy.

Lantaran tak melihat sepeda yang dimaksud, kemudian keduanya bergegas untuk memeriksanya. Benar saja, ternyata sepeda yang dibawa Siti untuk mengikuti pengajian telah hilang.“Kemudian kejadian yang dialami Siti dilaporkan kepada Nida’ul yang merupakan pamannya,”ungkap Edy.

Untuk mempermudah pencarian, Nida’ul memposting sepedanya yang hilang disebuah media sosial. Lewat media sosial, Nida’ul melihat sebuah postingan sepeda yang mirip dengan miliknya yang hilang. Usai menghubungi nomor yang tertera, keduanya melakukan negosiasi dan menyepakati untuk bertemu.“Namun ketika itu, Nida’ul meminta bantuan Aris Among Prasetyo untuk berpura-pura sebagai pembeli dan menemui pelaku,”papar Edy.

Setelah diperiksa dan memiliki kesamaan nomor seri dengan sepedanya yang hilang, Aris segera menghubungi Niba’ul dan selanjutnya melaporkan kejadian itu ke polisi. Petugas yang mendapatkan laporan segera mendatangi lokasi dan mengamankan pelaku bersama dengan barang buktinya.“Pelaku tak dapat berkutik setelah dipergoki oleh pelapor yang bersama dengan temannya saat dia melakukan transaksi. Saat ini pelaku sedang dilakukan proses penyidikan untuk proses hukum lebih lanjut,”pungkasnya.(ase)