Jika Gagal Penuhi Izin, RSUD Gambiran II Terancam Balik ke Gedung Lama

Kediri, Koranmemo.com – Jika izin operasional hingga akhir tahun 2017 ini tidak segera terpenuhi, RSUD  Gambiran II yang berada di Jalan Kapten Tendean terancam kembali ke gedung lama atau RSUD Gambiran I   di Jalan KH Wakhid Hasyim Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Ayub Wahyu Hidayatullah, anggota Komisi C DPRD Kota Kediri berharap RSUD Gambiran dan Pemerintah Kota (Pemkot) pro aktif untuk mengurusi perizinan RSUD Gambiran II. Karena, hingga mendekati bulan Nopember ada 3 izin yang belum diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim karena kelengkapan dokumen.

“Pemprov memberi batas waktu hingga akhir tahun ini. Ini masih ada kesempatan, makanya kami minta pemkot memperhatikan RSUD Gambiran II ini  Januari nanti sudah dapat izin operasional,” jelasnya.

Salah satu persyaratan yang belum terpenuhi adalah infrastruktur IPAL yang masih dalam proses pembangunan. Namun, jika persyaratan tersebut tidak segera dipenuhi maka RSUD Gambiran II akan kembali ke RSUD Gambiran I. “Kalau tidak pengen kembali lagi ke Gambiran satu, maka harus segera dipenuhi. Karena pemprov sudah memberikan waktu 3 bulan mulai Oktober sampai Desember ini,” jelasnya.

Sementara, dr Fauzan Adhima Direktur RSUD Gambiran mengatakan, izin tersebut belum bisa diajukan karena pembangunan saat ini masih dalam proses. RSUD Gambiran akan mengajukan izin ke Dinas Kesehatan Provinsi Jatim jika bangunan tersebut sudah selesai. Sedangkan, terkait batas waktu yang diberikan itu Fauzan mengatakan, masih bisa mengajukan rekomendasi ke dinkes provinsi karena bangunan yang belum selesai.

“Memang kita ada batas waktu sampai Desember, tapi kita tidak bisa mengajukan izin jika pembangunan dari Dinas PU itu belum selesai. Jika sampai Desember belum selesai pembangunannya, kita nanti bisa mengajukan rekomendasi ke Dinkes, jadi tidak serta merta langsung balik ke RSUD Gambiran I,” jelasnya.

Seperti  diketahui, sejak 9 Oktober 2017 RSUD Gambiran II sudah melakukan pelayanan rawat jalan. Namun, pelayanan inap dan operasi penyakit dalam selama ini masih dilakukan di RSUD Gambiran I.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.