Jelang Waisak, Ini yang Dilakukan Umat Budha di Kota Kediri

Kediri, koranmemo.com – Tahun ini umat Budha di Kota Kediri akan merayakan hari trisuci waisak tepat pada Selasa (29/5) besok. Berbagai macam persiapan di Vihara Jayasaccako, Kelurahan Semampir Kota Kediri untuk upacara waisaka puja pun sudah dilakukan. Mulai dari membersihkan vihara, mempersiapkan buku parita suci, dan berbagai persiapan lainnya.

Tahun ini, Sangha Theraveda Indonesia mengangkat tema Trisuci Waisak 2562 BE, yakni “Bertindak, berucap, berfikir baik memperkokoh keutuhan bangsa”. Tema ini sangat relevan untuk dihayati dalam rangka menghadapi berbagai macam persoalan yang terjadi belakangan ini.

Febi Yuda Crisbiantoro (24), Sekretaris Vihara Jayasaccako mengatakan, upacara waisak tahun ini akan dilaksanakan besok mulai pukul 19.00 WIB. Rangkaian ibadah akan diawali dengan Pradaksina (mengelilingi damasala/vihara tiga kali) dan kemudian melakukan puja bakti perenungan di dalam Vihara untuk menyambut detik – detik waisak.

“Tahun ini jatuh pada pukul 21.19.13 WIB,” katanya.

Upacara Trisuci Waisak akan dipimpin oleh salah satu Samanera yang berasal dari Kota Batu. Dalam ibadat tersebut para umat Budha merenungkan tiga hal yaitu, kelahiran Pangeran Sidartha, pencapaian penerangan sempurna, hingga wafatnya sang Budha Gautama.

Reporter : Yachya Muchamad

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date