Jelang Sedekah Bumi, Bersihkan Tirto Sendang

Nganjuk, koranmemo.com -Bertempat di Desa Lengkong Lor, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, ada sebuah sendang terkenal yang oleh warga biasa disebut “Tirto Sendang”.

Kali ini, Satgas TMMD 101 Nganjuk dipimpin Serka Jasmani bersama masyarakat Dusun Lengkong Lor melaksanakan pembersihan dan pengurasan air dan lumpur, Minggu (22/4).

Sasaran utama pembangunan fisik dan non fisik TMMD 101 Nganjuk tahun ini adalah pembuatan jalan sepanjang 5200 meter, yang menghubungkan antar dua kecamatan, pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH), pelayanan kesehatan, pelatihan otomotif, percepatan swasembada pangan dan masih banyak kegiatan non fisik yang lainnya.

Salah seorang bernama Sumarsono, warga Desa Lengkong Lor, merasa senang karena dibantu oleh anggota Satgas TMMD 101 Nganjuk. “TNI berinisiatif mengajak kami warga di sini untuk membersihkan Sendang Tirto ini. Karena memang kondisinya sudah satu tahun tidak dibersihkan. Sendang Tirto ini adalah sumber pengairan warga Desa Lengkong Lor seluruhnya, di kala musim kemarau sendang ini juga tidak pernah kering atau sumbernya berkurang,” papar pria berusia 46 tahun ini.

Dandim 0810/Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono, ketika dikonfirmasi tentang pembersihan Sendang Tirto di Desa Lengkong Lor mengatakan, saat ini sedang melaksanakan TMMD, baik kegiatan fisik dan non fisik, salah satunya ada membantu kesulitan rakyat di desa tersebut.

Menurutnya, pembersihan Sendang Tirto sangat perlu. “Mengingat itu adalah sumber mata air yang digunakan minum oleh warga setempat,” ungkapnya.

Apalagi terkait rencana Desa Lengkong Lor yang akan mempunyai hajad besar “nyadran” atau Sedekah Bumi yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Tepatnya besok akan dilaksanakan pada 27-28 April 2018, bertempat di Punden Gunung Panjalu.

Reporter : Andik Sukaca

Editor: Gimo Hadiwibowo

Follow Untuk Berita Up to Date