Jelang Ramadan, Tim Satgas Pangan Sidak Pasar Tradisional

Blitar, koranmemo.com-Satgas Pangan Polres Blitar bersama dengan Dinas Perdagangan Perindustrian, Bulog Sub Divisi Regional Tulungagung, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Blitar mulai melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional di Blitar. Mereka turun ke pasar tradisional untuk memantau harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan, sesuai dengan instruksi Kapolri.

Menurut Kasat Reskrim Polres Blitar AKP Rifaldy, sidak tersebut bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang Ramadan. Selain itu sidak juga untuk mengantisipasi adanya pedagang nakal yang menaikkan harga sesukanya, serta menimbun stok kebutuhan pokok.

“Semuanya kita cek, termasuk ketersediaan stok bahan pangan di wilayah hukum Polres Blitar. Agar nantinya saat memasuki bulan Ramadhan tidak ada lonjakan harga yang signifikan, apalagi kelangkaan,” jelasnya.

Sidak dimulai di toko sembako area pasar wlingi Kabupaten Blitar. Mulai dari toko-toko yang ada di pasar tradisional terbesar di Blitar tersebut, hingga gudang penyimpanannya.

Berdasarkan hasil sidak siang itu, Satgas pangan Polres Blitar belum menemukan lonjakan harga bahan pokok yang berarti. Seperti harga beras yang masih berada di kisaran Rp 9.500 per kilogram, minyak goreng curah kualitas biasa Rp 10.000 per liter, sedangkan kualitas bagus Rp 12.500 per liter, dan gula Rp 12.000 per kilogram. Sedangkan harga bumbu dapur juga tidak mengalami kenaikan yang berarti. Seperti harga cabai rawit masih di kisaran Rp 40.000, cabai kriting Rp 28.000 dan cabai merah besar Rp 30.000 per kilogramnya.

“Berdasarkan hasil sidak sejauh ini belum ada lonjakan harga yang signifikan. Namun kita akan terus melakukan pantauan karena kan harga kebutuhan pokok setiap hari mengalami perubahan,” pungkasnya.

Reporter : Arief Juli Prabowo

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date