Jelang Ramadan, Harga Sembako di Ngawi Meroket

Ngawi, koranmemo.com – Menjelang Ramadan harga sembako di Kabupaten Ngawi meroket naik. Harga bawang putih mengalami kenaikan dari Rp 20 ribu/kilogram melonjak hingga Rp 55 ribu/ kilogram.

Padahal sebelumnya harga bawang putih sempat mengalami penurunan dari Rp 45 ribu/kilogram ke Rp 40 ribu/kilogram.

“Setelah turun dua hari langsung melonjak lagi hingga tembus Rp 55 ribu. Itupun kondisi barangnya sangat minim, bahkan selain itu kwalitas barang lebih jelek dibanding sebelumnya,” ujar Kasriani, salah satu pedagang Pasar Besar Ngawi, Minggu (5/5).

Dijelaskan Kasriani, barang yang diambil dari distributor tersebut banyak yang busuk, sehingga keuntungan pedagang semakin menipis.

Selain bawang putih, sejumlah kebutuhan lain yang ikut mengalami kenaikan adalah cabai merah besar dari semula Rp 22 ribu/kilogram kini Rp 36 ribu/kilogram, sedangkan untuk cabai rawit merah stabil pada kisaran Rp 20 ribu/kilogram, telur dijual pada kisaran Rp 24 ribu/kilogram.

“Kalau yang mengalami penurunan harga itu adalah bawang merah, sebelumnya sampai hampir Rp 40 ribu kini turun menjadi Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu/kilogram. Tergantung besar kecilnya barang,” jelasnya.

Reporter Dika Abdilah/Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date