Jelang Pilwali Malang: Mengejutkan, Nasdem Tinggalkan Petahana Wali Kota Anton

Malang, koranmemo,com – Partai Nasdem secara mengejutkan mengalihkan dukungannya dalam pemilihan wali kota (Pilwali) Kota Malang 2018. Pada detik-detik terakhir, Nasdem mencabut dukungannya kepada Mochamad Anton sebagai calon wali kota (Cawali) dan mengalihkan dukungan kepada Ya’qud Ananda Qudban-Ahmad Wanedi.

Dukungan dan rekomendasi kepada pasangan Ya’qud Ananda Qudban-Ahmad Wanedi itu diserahkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jatim Partai Nasdem, Rendra Kresna, di Surabaya, Kamis (4/1).

Keputusan ini menegaskan bahwa rekomendasi sementara yang diberikan pada petahana Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Malang Moch Anton, gugur.

Rendra Kresna, Ketua DPW Partai Nasdem Jatim mengungkapkan, dalam rekomendasi yang sebelumnya diberikan pada Wali Kota Anton, terdapat tenggat waktu yang disepakati. Anton harus sudah memenuhi persyaratan pencalonan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Yakni memiliki dukungan legislatif yang cukup, setidaknya sembilan kursi.

“Jadi pada dasarnya semua calon kami pertimbangkan. Kami beri tenggat waktu untuk menunjukkan bukti dukungan itu sampai 28 Desember 2017 lalu, tapi tidak ada bukti yang diberikan,” ujarnya.

Sementara Nanda, telah memenuhi syarat administrasi tersebut. Nanda telah menyampaikan bukti dukungan dari sejumlah partai. Selain Partai Hati Nurari Rakyat (Hanura) yang menaunginya, ada juga dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). “Tadi Nanda juga didampingi Sekretaris PDIP Kota Malang, Abdul Hakim,” paparnya.

Dijelaskan, DPW Nasdem mendapat mandat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk ikut dalam gelaran Pilkada di Kota Malang. “Kalau yang didukung tidak jadi maju, kan sia-sia kami dukung. Lalu apa kontribusi kami dalam berpartai kalau tidak ikut berpartisipasi,” tuturnya.

Menurutnya, Nanda juga telah dinilai rekam jejaknya. Bukan hanya diakui sebagai politisi andal, tetapi juga sepak terjangnya sebagai aktivis sebelum terjun ke dunia politik.

Sementara itu, Ya’qud Ananda Qudban mengatakan, bahwa dirinya semakin optimis dapat memenangi kontestasi Pilwali pada pertengahan tahun ini. Menurutnya, mesin partai Nasdem solid, mulai anggota DPR RI, bupati, dan beberapa elit partai lainya

“Masuknya Nasdem menambah semangat dan kekuatan kami untuk bertarung di Pilkada nanti. Mereka bisa diajak untuk bahu-membahu memenangkan kontestasi mendatang,” pungkasnya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.