Jelang Pilwali Malang: Hasil Tes Keluar, Diumumkan Setelah Rapat Pleno

Malang, koranmemo.com – Hasil tes kesehatan tiga pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, hari ini (16/1) sudah keluar dan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang. Dokumen yang berisi hasil tes kesehatan tersebut baru akan dibuka setelah rapat pleno bersama komisioner KPU yang lain.

Deni Bachtiar, Komisioner KPU, Divisi Perencanaan dan Pendataan Data menyampaikan, berkas dokumen tes kesehatan paslon masih tersegel dari tim kesehatan dan nantinya akan dibuka saat rapat pleno.

“Nanti malam akan kami umumkan dan hasilnya akan dicocokan dengan persyaratan internal, apakah mereka memenuhi syarat atau tidak,” ungkapnya.

Ditambahkan, hasil tes akan diumumkan pada 17-18 Januari. Sedangkan untuk perbaikan persyaratan, calon diberi waktu mulai 18-20 Januari. “Baik itu tes kesehatan ataupun persyaratan calon yang kemarin ada kekurangan saat mendaftar,” ujarnya.

Terkait nanti seumapama ada paslon yang sakit, KPU juga belum bisa menyebutkan rekomendasi apa yang akan diberikan kepada paslon nantinya. Mungkin, rekomendasi nantinya juga akan berkaca pada hasil tes kesehatan mereka.

“Nanti dilihat dulu, kami yang melihat hasil tes kesehatan tersebut, apakah memenuhi syarat atau tidak. Sedangkan, nanti juga ada beberapa poin yang menentukan kelayakan calon dari hasil tes ini,” katanya.

Untuk diketahui, dokumen tersebut, diserahkan ke KPU Kota Malang di RS Saiful Anwar (RSSA) serta disaksikan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), HIMPSI. Ketiga paslon Wali dan Wakil Wali Kota Malang telah menjalani tes psikologis dan kesehatan pada Kamis (11/1) dan Jumat (12/1) lalu bersama keempat paslon dari daerah lainnya di RSSA.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.