Jelang Pilwali Kediri, Partai Pendukung Boleh Mengusung Paslon Lain

Share this :

Kediri, koranmemo.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbolehkan bagi partai yang sudah memberikan dukungannya, lalu mengusung paslon sendiri. Karena, dokumen partai pendukung tidak masuk dalam berkas yang diajukan paslon untuk mendaftar menjadi bakal calon kepala daerah.

Agus Rofik Ketua KPU Kota Kediri mengatakan, tidak ada dalam aturan di PKPU yang melarang partai pendukung mengusulkan pasangan calon yang bukan didukung. Atas dasar itu, KPU memperbolehkan jika ada partai pendukung yang nantinya mengusulkan paslon di hari terakhir pendaftaran.

“Di aturannya, tidak ada yang berbunyi boleh atau tidak partai pendukung mengusulkan paslon lain. Yang tidak boleh itu partai pengusul, lalu mengusulkan calon lain itu jelas tidak boleh dan di aturannya ada,” ujarnya kepada koranmemo.com, Selasa (9/1).

Agus Rofik menambahkan, dokumen-dokumen dari partai pendukung tidak masuk dalam berkas yang harus dikirim oleh paslon untuk mendaftar ke KPU. Dalam berkas tersebut, hanya ada surat rekomendasi dari partai pengusung, sehingga, partai pendukung tidak harus mengambil dokumen apapun ke KPU.

Sementara, isu yang berkembang paslon Samsul Ashar-Teguh Junaidi akan mendaftar ke KPU dengan membawa surat rekomendasi dari PDIP dan Partai Hanura. Seperti diketahui, PDIP sudah memberikan dukungan bahkan ikut mengantar paslon petahana Abdullah Abu Bakar-Lilik Muhibbah mendaftar ke KPU Kota Kediri, Senin (8/1).

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz