Jelang Pilpres, Polisi Janji Tindak Tegas Arak-arakan

Kediri, koranmemo.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kediri melakukan rapat koordinasi (rakor) Mantap Brata untuk menciptakan keamanan dan ketertiban (Kamtibnas) selama pemilihan umum (Pemilu) 2019 di gedung Rupatama Polresta Kediri, Selasa (18/9). Pada tahun 2019, akan dilakukan pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden (wapres) serta pemilihan  Legistalatif (pilleg). Ada serangkaian acara dengan waktu yang bersamaan dan mengakibatkan tingkat ketegangan di masyarakat tinggi.

Dalam rakor ini, dihadiri perwakilan dari masing – masing lembaga, instansi dan partai politik (parpol) seperti perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Dewan Perwakilan Rakyat Daereah (DPRD) Kota Kediri, Badan Pengawas Pemilu Kota Kediri dan TNI sehingga akan ada usaha pengamanan di semua lini.

Menurut Kompol Hendy Kurniawan, Wakil Kepala Polresta Kediri, rakor ini memang menjadi kegiatan rutin menjelang Pemiliahn presiden dan wapres untuk dilakukan koordinasi dengan pihak yang terlibat.

“Yang kami inginkan adalah pesta demokrasi yang aman dan kondusif, namun jika tidak ada koordinasi antar pihak terkait pasti tetap akan muncul perselisihan. Kami dari anggota kepolisian, juga dibantu dari anggota TNI, dan Instansi lainnya. Dengan ini kami harap tidak ada bentrok antar penndukung,” ujar Hendy, Selasa (18/9).

Sementara itu, AKP Ponidi, Kasat Intelkan Polresta Kediri mengajak perwakilan dari partai politik untuk ikut memberantas kampanye terselubung, money politic (politik uang), provoksi dan intimidasi kepada masyarakat khususnya yang ada di Kota Kediri. Karena setiap warga mempunyai hak untuk menentukan pilihan sesuai dengan keyakianan.

“Mulai bulan November 2018, di lima Kecamatan Kabupaten Kediri yang berada di dalam wilayah hukum Polresta Kediri akan mulai pemilihan kepala desa. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, maka anggota akan menindak tegas jika ada arak – arakan kendaraan yang menyalahi aturan dan bertindak  anarkis,” kata Ponidi.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date