Jelang Pilbup Tulungagung, Tiga Balon Bupati Ambil Formulir

Tulungagung, koranmemo.com — Pemilihan bupati (pilbup) Tulungagung Juni mendatang diperkirakan bakal diikuti tiga pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati. Hal itu terlihat dari pengambilan formulir pendaftaran di kantor KPU. Sebanyak tiga kandidat yang sudah mengambil formulir pendaftaran hingga Rabu (03/01) siang.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, mengatakan, ketiga kandidat yang telah mengambil formulir adalah bakal calon perseorangan Suparlan, Ketua PWI Pusat Margiono serta bakal calon petahana Syahri Mulyo.

“Untuk formulirnya Pak Suparlan diambilkan oleh timnya saudara Agus Wibnyanyoro, sedangkan Pak Margiono diambilkan oleh Hery Noerista, kebetulan untuk kedua kandidat sudah Selasa (2/1), sedangkan Rabu (3/1) dari pengurus PDI Perjuangan yang mengambilkan untuk Pak Syahri Mulyo,” katanya.

Menurutnya, sesuai dengan tahapan pilkada, KPU masih membuka kesempatan bagi para kandidat yang akan mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati hingga 7 Januari mendatang.

“Formulir ini terdiri dari13 jenis, yang harus diisi oleh masing-masing kandidat yang akan mendaftarkan diri. Nantinya ada beberapa formulir itu harus diserahkan pada saat pendaftaran tanggal 8-10 Januari, namun ada juga yang bisa menyusul,” ujarnya.

Untuk beberapa formulir yang wajib diserahkan pada saat pendaftaran diantaranya, surat dukungan (rekomendasi) dari partai politik/gabungan partai politik dengan komposisi minimal 20 persen kursi DPRD. Sedangkan untuk kandidat calon perseorangan adalah berita acara hasil rekapitulasi dukungan calon perseorangan.

“Kalau untuk surat dari instansi lain, seperti tidak pernah melakukan perbuatan tercela dari kepolisian, kemudian surat yang menyatakan tidak dalam kondisi failed maupun salinan ijazah yang telah dilegalisir bisa disusulkan,” jelasnya.

Ditambahkan, KPU Tulungagung akan melakukan proses verifikasi terhadap berkas pencalonan dari masing-masing bakal calon pada tanggal 10-11 Februari, selanjutnya tangal 12 Februari langsung dilakukan penetapan calon.

Reporter: Denny Trisdianto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.