Jelang Pilbup Tulungagung, Petahana Belum Serahkan LHKPN

Share this :

Tulungagung,  koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung menyatakan bahwa pasangan calon (paslon) petahana Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung, Sayhri Mulyo- Maryoto Bhirowo (Sahto) yang diusung oleh PDIP  dan Nasdem belum bisa menyerahkan berkas tentang Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pada pendaftaran di kantor KPU Senin (8/1).

Ketua KPU, Suprihno mengatakan kekurangan berkas tersebut diketahui setelah dilakukannya verifikasi syarat calon dan syarat pencalonan, selama kurang lebih satu jam pemeriksaan oleh tim verifikator KPU.

“Jadi memang ada persyaratan calon yang kurang yakni Sayhri Mulyo, karena kaitannya dengan instansi lain serta sesuai dengan PKPU nomor 15/2017 perubahan atas PKPU nomor 3/2017 tentang pencalonan, itu masih diterima sepanjang itu masih dalam proses kepengurusan yaitu LHKPN,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, menurut yang bersangkautan (Sayhri Mulyo-red) berkas tersebut sudah diurus namun bukti pemeriksaan LHKPN belum diterima oleh paslon. Menurutnya kepengurusan LHKPN di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hanya membutuhkan waktu satu hari hingga dua hari, tergantung dari instansi tersebut.

“Karena itu masih dalam proses, maka itu masih bisa dilakukan perbaikan hingga masa akhir pendaftaran,” jelasnya.

Suprihno menambahkan, nantinya pihak KPK akan mereleas, setelah laporan LHKPN masuk kepada KPU, terkait berapa besaran harta kekayaan yang dimiliki oleh paslon bupati dan wabup akan disampaikan kepada KPU.

“Jadi berkas ini tidak mempengaruhi lolos atau tidaknya paslon ketika mendaftar, hanya membuktikan transparansi calon itu mempunyai harta kekayaan itu berapa. Hal itu nantinya akan dibuat ukuran oleh KPK, melihat penambahan harta kekayaan kepala daerah selama lima tahun menjabat itu logis atau tidak,” tambahnya.

Sementara itu calon Bupati Syahri Mulyo mengakui adanya berkas yang kurang. Namun, dirinya bakal menyerahkan berkas tersebut kepada KPU setempat hingga batas waktu pendaftaran. “Hari Rabu (10/1) sudah siap semua berkasnya,”tegasnya.

Reporter: Deny Trisdianto

Editor: Achmad Saichu

 

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz