Jelang Pilbup Tulungagung, Paslon Independen Kurang 90 Ribu Dukungan 

Share this :

Tulungagung, koranmemo.com- Pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Tulungagung, Suparlan dan Suprayitno yang maju lewat jalur independen diperkirakan tidak bisa ikut pesta demokrasi  yang menurut rencana akan digelar Juni mendatang. Indikasinya dukungan yang dinyatakan lolos verifikasi faktual hanya 18.721 orang. Dengan demikia mereka kekurangan dukungan 90.062 orang.

Ketua KPU Suprihno mengatakan sebelumnya bakal paslon yang hendak maju melalui jalur perseorangan menyerahkan berkas dukungan kepada KPU sebanyak 64.356 dukungan. Namun, setelah dilakukan verifikasi kegandaan data dan administrasi ternyata jumlah dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 39.480.

“Dari jumlah 39.480 dukungan itu, kita lakukan verifikasi faktual dengan cara mendatangi satu persatu rumah warga, untuk memastikan apakah mereka benar mendukung atau tidak,” ungkapnya.

Setelah dilakukan verifikasi faktual terhadap 39.480 dukungan, ternyata hasil rekapitulasi yang diperoleh jumlah dukungan yang memenuhi syarat hanya mencapai 18.721 dukungan. Sedangkan untuk syarat lolos sebagai paslon bupati dan wakil bupati melalui jalur perseorangan, dimana paslon harus memiliki minimal dukungan sebanyak 63.752 orang.

Sehingga, bakal paslon H Suparlan dan H Suprayitno mempunyai kekurangan sekitar 45.031 dukungan. Mereka  wajib memperbaiki pada masa perbaikan sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan dukungan sebanyak 90.062 pendukung.

“Jumlah kekurangan sebaran dukungan yang harus diperbaiki pada masa perbaikan sebanyak 10 kecamatan. Jadi paslon harus memperbaiki dua kali lipat dari jumlah kekurangannya,” ungkapnya.

“Banyaknya dukungan yang tidak memenuhi syarat dikarenakan beberapa hal. Di antaranya banyak yang tidak mengenal H.Suparlan, ada juga karena sebagian tidak bisa ditemui atau fiktif. Mereka tidak mengenal H.Suparlan. karena tidak mengenal, juga menyatakan tidak mendukung,” katanya.

Lebih lanjut dituturkan, untuk kekurangan itu nantinya diserahkan kembali kepada KPU Tulungagung pada (18/01) hingga (20/01). Dimana data itu nantinya akan dilakukan verifikasi kembali, dan akan diumumkan pada saat penetapan pasangan calon.

Ditambahkan, calon perseorangan selain memperbaiki data dukungan juga diharuskan mendaftarkan diri pada tanggal 08/01 hingga tanggal 10/01 untuk memenuhi syarat pencalonan.  “Jadi bakal paslon tetap mendaftar, cuma untuk menentukan lolos atau tidaknya setelah verifikasi data perbaikan dukungan itu tadi,” pungkasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, H Suprayitno yang merupakan pasangan H Suparlan mengatakan pihaknya tidak keberatan dengan hasil tersebut. Pihaknya tetap optimis melaju dalam pilkada tersebut dengan berupaya memperbaiki kekurangan. “Sudah kami antisipasi jauh jauh hari terkait kekurangan itu,” ujarnya.

Reporter: Denny Trisdianto

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz