Jelang Pilbup Madiun, Panwaslu Minta Paslon Turunkan APK

Madiun,koranmemo.com-Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Madiun Agus Setiawan meminta kepada semua masyarakat, pasangan calon (paslon) dan tim sukses segera menurunkan semua alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang.

 “Sebelum kampanye dimulai hingga batas waktu tanggal 15 Februari ini tak juga ada langkah konkrit, kita akan mengambil tindakan tegas mencopot APK terkait,”kata Agus Setiawan usai penetapan nomor urut Paslon Cabup dan Cawabup dikantor KPU setempat, Selasa (13/2) kemarin.

Hasil temuan Panwaslu, ada oknum kepala desa yang masih memasang gambar Paslon tertentu. Karena itu, pihaknya meminta segera mencopotnya. “Kami menemukan adanya indikasi-indikasi itu. Kalau ada kades atau perangkat desa yang merasa memasang gambar calon, segera turunkan. Sebab, PKPU Nomor 4 tahun 2017 ada sanksi pidananya,” pungkasnya.

Dikatakan, para Paslon yang akan bertarung dalam pilbup (Pemilihan Bupati) Madiun, dilarang membuat iklan ucapan keagamaan selama masa  kampanye berjalan. Juga dilarang membuat leaflet, banner liar yang ditempel di warung-warung maupun di toko pracangan diluar zona ditentukan.“Saat kampanye nanti, APK nanti akan diganti dengan yang disediakan oleh Pemkab Madiun dan dari Paslon sesuai kesepakatan,” katanya.

Sisi lain, pihaknya mengingatkan agar aparatur sipil negara (ASN) maupun Kepala Desa serta perangkat desa untuk tetap menjaga netralitas. “Kami sangat berharap, semua bisa mematuhi aturan PKPU Nomor 4 tahun 2017 sesuai ketentuan,” tandasnya.

Reporter: Juremi

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.