Jelang Pilbup Jombang, Rekom PDI-P untuk Syafiin-Choirul Anam

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Teka teki kepada siapa rekomendasi diberikan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) dalam Pemilihan Bupati – Wakil Bupati Jombang 2018 akhirnya terjawab. Partai politik besutan Megawati Soekarno Putri ini menurunkan rekomendasi kepada Komisaris Besar (Kombes) Pol Syafiin atau Gus Syaf sebagai bakal calon bupati, dan Choirul Anam (anggota Komisi C DPRD Jombang dari PDI P saat ini) sebagai bakal calon wakil bupati yang akan bertarung pada Pilbup Jombang.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI P Kabupaten Jombang, Marsaid, Kamis (4/1) malam, meski sebelumnya sempat menyatakan jika  rekom masih diproses  DPP PDI P pada saat sejumlah Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI-P mendatangi kantor DPC PDI-P Kabupaten Jombang di Jalan Brigjen Katamso Jombang, Rabu (3/1) lalu.

“Memang rekom saat itu masih diproses oleh pusat. DPC juga  sudah melakukan proses tahapan, dimana yang mendaftar ada 10, dengan rincian 5 mencalonkan Bupati dan 5 mencalonkan wakil Bupati. Dari berbagai pertimbangan, DPP akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Kombes Pol Syafiin dan Choirul Anam sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati,” kata Marsaid usai melakukan koordinasi dengan pengurus partai koalisi PDI P di salah satu hotel di Jombang, Kamis (4/1) malam.

Marsaid menambahkan, turunya rekomendasi tersebut secara resmi disampaikan langsung oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI P Jawa Timur kepada pengurus DPC PDI P Kabupaten Jombang dan beberapa partai koalisi di Surabaya.

“Meski surat rekomendasi tetap berada di DPP, tetapi ini sudah pengumuman resmi untuk disampaikan kepada DPC PDI P  Jombang dan Pimpinan Partai Hanura, PKPI serta PBB. Secara resmi PDI P sudah merekomendasi Kombes Pol Syafiin dan Choirul Anam sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Jombang,” bebernya.

Terpisah, Gus Syaf menyatakan akan segera melakukan beberapa langkah pasca turunnya rekomendasi kepadanya berpasangan dengan Choirul Anam dalam Pilbup 2018.

“Tentu pertama kali saya sampaikan terima kasih atas pemberian rekom (rekomendasi) ini. Langkah pertama yang akan saya lakukan adalah silaturahmi kepada beberapa tokoh maupun teman saya di seluruh Jombang. Saya akan menyampaikan kesiapan saya untuk mengabdikan diri kepada warga Jombang,” ungkapnya usai menghadiri acara apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Mantab Praja dan Sispam Kota di alun-alun setempat, Jumat (5/1) pagi.

Untuk diketahui, menjelang akhir Desember 2017 lalu, berkembang rumor soal partai berlambang banteng moncong putih menurunkan rekomendasi pencalonan untuk bertarung dalam Pilbup Jombang 2018 kepada Kombes Pol Syafiin atau Gus Syaf.

Perwira menengah asal Kecamatan Plandaan yang berdinas di Mabes Polri itu juga pernah menyampaikan telah mengurus pengunduran diri dalam kedinasan secara hirarki mulai  satuan hingga kepada Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Ini diungkapkan dalam jumpa pers di salah satu hotel kepada wartawan, Senin (25/12) lalu.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz