Jelang Pilbup Jombang, Ingatkan ASN Untuk Netral

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Dua tokoh yang juga Bupati dan Wakil Bupati Jombang saat ini, Nyono Suharly Wihandoko dan Mundjidah Wahab bakal ‘bertarung’ pada Pemilihan Bupati Jombang 2018 mendatang. Kondisi ini dikhawatirkan berdampak pada keberpihakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jombang terhadap calon tertentu.

Untuk itu Ketua DPRD (dewan perwakilan rakyat daerah) Kabupaten Jombang Joko Triono mengingatkan agar ASN netral selama penyelenggaraan pilbup. Ia juga mendukung panitia pengawas pemilihan umum (panwaslu) agar tegas dalam menjalankan tugasnya.

“Sama seperti yang diutarakan bapak Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada saat acara HUT Korpri di Jakarta beberapa waktu lalu yang mengingatkan ASN agar netral,” katanya ditemui wartawan di kantor DPRD, Rabu (6/12).

Politisi PDI-P ini juga meminta ASN agar bisa menahan diri tidak menunjukkan keberpihakan dengan menjadi juru kampanye maupun tim sukses calon tertentu. “Untuk saat ini bolehlah bapak bupati jika kunjungan mengajak beberapa kepala OPD (organisasi perangkat daerah). Namun nanti jika sudah ada ketetapan KPU sebagai calon (bupati) tentunya tidak boleh lagi,” ujarnya.

Bagaimana jika  nantinya ada temuan ketidaknetralan ASN? Ditegaskan akan mendorong pihak Inspektorat untuk menerapkan sanksi berjenjang mulai  teringan hingga terberat.

“Nantinya foto saja tidak boleh dengan calon apalagi jadi tim sukses. Saya harap ASN juga mematuhi aturan yang ada. Namun jika tetap ada temuan (ASN tidak netral) yang dibenarkan oleh panwas, saya kira perlu penindakan oleh Inspektorat,” tegasnya.

Dikatakan, jika pihaknya nanti akan melakukan tugas pokok dan fungsi pengawasan terhadap situasi yang berkembang terkait pilbup. “Termasuk kami (DPRD) juga melakukan pengawasan. Ketika kami mengetahui ada temuan (ketidaknetralan) juga kami laporkan ke panwas,” pungkas nya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz