Jelang Pengumuman Pemilu, Polresta Kediri Gelar Operasi

Kediri, koranmemo.com – Petugas Polres Kediri Kota serta petugas dari delapan Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Kediri Kota, melakukan giat operasi cipta kondisi (cipkon). Kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 18 sampai tanggal 21 Mei, untuk mengatisipasi menjelang pengumuman hasil rekaitulasi pemilihan umum (Pemilu) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada tanggal 22 Mei nanti.

Kegiatan ini dilakukan dengan membagi petugas menjadi empat tim diantaranya rayon I, rayon II, rayon III, dan tim dari Polres Kediri Kota. Untuk tiap rayon, terdiri dari beberapa petugas Polsek yang melakukan operasi tiap jam. “Tidak hanya kegiatan melakukan patroli maupun stasioner saja, tapi juga mengawasi akses keluar-masuk Kota Kediri,” jelas Kasubbag Humas Polres Kediri Kota, AKP Kamsudi, Senin (20/5).

Petugas melakukan pengamanan di titik-titik yang dinilai rawan, seperti stasiun, terminal, dan beberapa jalur jalan antar kota. Selain melakukan pengawasan, juga melakukan pemeriksaan terhadap para penumpang kereta api maupun bus, seperti barang bawaan dan memberikan imbauan untuk menjaga keselamatan bersama.

Tidak hanya bagi penumpang kendaraan umum, pengguna jalan dengan kendaraan pribadi, juga dilakukan pemeriksaan. Bukan hanya barang bawaan penumpang dan pengemudi, petugas juga memeriksa kelengkapan kendaraan, baik surat-surat kendaraan maupun kondisi pengemudi. Apakah dalam keadaan bugar, atau bahkan dalam pengaruh alkohol.

Pemeriksaan kendaraan juga meliputi barang bawaan, untuk memeriksa apakah kendaraan tersebut membawa barang-barang berbahaya. Misalnya membawa bahan peledak, senjata tajam (sajam) atau pun senjata api (senpi), ataupun obat-obatan terlarang, diantaranya sabu, pil dobel L, dan barang narkotika lainnya.

Menurut Kamsudi, dengan melaksanakan kegiatan ini, diharapkan situasi dan kondisi di wilayah hukum Polres Kediri Kota tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, tingkat kerawanan menjelang proses pengumuman hasil rekapitulasi pemilu memang meningkat.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date