Jelang Pemilu, Perekaman KTP-el terhadap Ratusan Penghuni Lapas

Jombang, koranmemo.com – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pada 17 April, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang, mengebut perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Dispendukcapil pada Kamis (17/1), melakukan perekaman terhadap ratusan penghuni (Lapas) Klas IIB Jombang di Jalan KH Wahid Hasyim.

Sekretaris Dispendukcapil Dwi Yudhawati mengatakan, pihaknya mendapat jatah waktu 3 hari dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Cahyo Kumolo untuk melakukan perekaman di Lapas.

“Jadi waktu yang diberikan mulai hari ini sampai tanggal 19 Januari kedepan. Maka dari itu hari ini Kamis (17/1) kami sisir Lapas terkait Pemilu 17 April 2019 mendatang,” kata Dwi kepada awak media disela kegiatan perekaman.

Dijelaskan, sampai saat ini secara umum seluruh warga Kabupaten Jombang sudah kurang dari 20 ribu penduduk yang belum melalukan perekaman KTP-el.

“Harapannya pada hari H tanggal 17 April seluruh warga yang memiliki hak pilih bisa menyalurkan suaranya. Kalau di Lapas sendiri kami memperoleh data 701 orang. Ini sambil berjalan kami data siapa saja yang sudah punya KTP-el dan yang belum langsung kita layani. Termasuk KTP-el yang rusak,” paparnya.

Sementara, data yang disampaikan Sekretaris Dispendukcapil sedikit berbeda dengan yang disampaikan Kepala Lapas Klas IIB Jombang, Wahid Wibowo. Menurut Wachid, penghuni Lapas Jombang saat ini ada 671 orang, dimana 19 diantaranya masih anak-anak. “Yang kami perkirakan punya hak suara ada 652 orang,” ujarnya.

Wahid juga menyatakan beberapa kali melakukan koordinasi dengan stakeholder terutama berkepentingan dengan Pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang dan Disependukcapil untuk melaksanakan perekaman KTP-el. “Termasuk berkoordinasi dengan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) juga untuk kelancaran menjelang Pemilu 2019,” pungkasnya.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date