Jelang Mudik Lebaran, Kakorlantas Tinjau Tol Soker dan Jembatan Avur

Jombang, koranmemo.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengecek progres pembangunan tol Solo – Kertosono (Soker), terutama seksi Wilangan Kertosono menjelang arus mudik. Rombongan juga meninjau pembangunan jembatan avur Besuk yang ada di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Sabtu (2/6) sore.

Mantan Kapolda Papua Barat ini menargetkan pembangunan jembatan avur Besuk sepanjang 50,81 meter sebagai penghubung  tol Soker dengan Jombang – Mojokerto (Jomo),  selesai H-7 lebaran. “Target selesai (pembangunan jembatan) ini  H-7 lebaran,” kata Royke kepada wartawan di lokasi.

Ditambahkan, jalur tol fungsional di ruas tol Soker sendiri sebenarnya akan mulai dibuka untuk mudik H-8 lebaran atau tanggal 7 Juni 2018. Jika jembatan belum tuntas, menurut Royke, akan disiapkan jembatan bailey untuk para pemudik.

“Bisa dilalui lewat jembatan  bailey , jembatan besi di sebelahnya. Tapi untuk satu lajur,” paparnya.

Dengan begitu, pemudik dari arah Surabaya bisa langsung masuk ke seksi Kertosono-Wilangan tanpa keluar ke jalur arteri. Seksi Kertosono-Wilangan sepanjang 38 kilometer akan difungsionalkan untuk jalur mudik lebaran.

“(Jalur fungsional) kami berlakukan siang. Kalau Mengkreng macet, malam hari bisa dibuka. Mungkin juga akan menerjunkan lebih banyak polisi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, proses pembangunan jembatan tersebut sempat sempat terganjal ambruknya launcher girder, Senin (21/5) lalu.

Sebelum Kakorlantas, Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Heri Wahono juga meninjau progres pembangunan tol Soker dan jembatan avur Besuk, Rabu (30/5). Peninjauan kerap dilakukan menyusul semakin dekatnya musim mudik lebaran Idul Fitri 1439 H.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date