Jelang Mudik Lebaran, DPUPR Kebut Perbaikan Jalan

Madiun, koranmemo.com – Menjelang musim mudik lebaran, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pemerintah Kabupaten Madiun terus menggenjot perbaikan sejumlah ruas jalan yang akan dilewati pemudik.

Kasi Pemeliharaan Jalan DPUPR Pemkab Madiun Astutik Diyah Ningsih, mengatakan perbaikan mulai bulan Januari hingga saat ini. Namun untuk kerusakan volume kecil.

Pemeliharaan volume kecil dilakukan dengan tambal sulam aspal dingin (cold mix) untuk menutupi jalan yang sudah berlubang dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan.
“Untuk menutup jalan-jalan yang berlubang sementara kita lakukan dengan cold mix,” katanya, Kamis (16/5).

Sedangkan untuk perbaikan dalam volume besar sampai sekarang belum bisa dikerjakan. Pasalnya, terkendala pada bahan yang belum tersedia. Saat ini semua proyek yang dicanangkan oleh DPUPR masih dalam proses lelang yang diperkirakan selesai setelah lebaran.

“Proses lelang juga membutuhkan waktu cukup lama, satu bulan lalu sudah mengajukan karena ada instruksi untuk lelang dilakukan setelah Pilpres,” paparnya.

Disisi lain Kepala Bidang Binamarga DPUPR, Heru Sulaksono mengatakan pihaknya tengah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan perbaikan Jembatan Patimura yang ambrol beberapa waktu lalu.

Dalam perbaikan, akan mengutamakan kondisi darurat terselesaikan terlebih dahulu. Target perbaikan jembatan bisa dilewati kendaraan ringan seperti halnya sepeda motor dan maksimal kendaraan roda empat tidak lebih pada H-5 menjelang lebaran.

“Kita bisa terlewati kendaraan ringan seperti kendaraan roda dua dan roda empat terlebih dulu, untuk kendaraan barang kan biasanya sudah tidak boleh melintas setelah H-7 lebaran,” ujarnya.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date