Jelang Libur Tahun Baru, Sopir Bus Jalani Tes Urine

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Untuk memastikan bahwa sopir angkutan libur tahun baru benar-benar bersih narkoba, Satlantas Polres Nganjuk bekerjasama dengan, Kodim 0810, Unit Polisi Militer, Dinas Perhubungan dan BNN Kabupaten Nganjuk melakukan tes urine kepada puluhan sopir bus yang berhenti di Terminal Bus Nganjuk, Sabtu (30/12).

Puluhan sopir bus antar kota dalam provinsi (AKDP) dan sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) menjalani tes urine ini. Satu-persatu dari para sopir mengambil toples kecil yang sudah disiapkan oleh BNN Kabupaten Nganjuk. Dalam tes urine ini, tidak ada pengecualian, semua sopir bus wajib menjalani tes.

Kasatlantas Polres Nganjuk, AKP Am Rido Ariefianto mengatakan, pihaknya tidak segan-segan menindak tegas para sopir bus yang kedapatan mengkonsumsi narkoba. Sejauh ini, hasil tes yang dilakukan semua sopir negatif menggunakan narkoba. “Secara bertahap semua sopir bus yang berhenti di terminal akan kami tes, tidak ada pengecualian,” tegasnya kepada sejumlah wartawan.

Pengaruh narkoba, kata dia, sangatlah berbahaya jika dikonsumsi masyarakat, khususnya para sopir angkutan. Karena bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudikan kendaraannya hingga menyebabkan kecelakaan. “Ini salah satu cara untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat pengaruh narkoba,” jelasnya.

Untuk ke depannya, pihaknya akan melakukan kegiatan ini kepada seluruh pengemudi angkutan umum yang berada di Kabupaten Nganjuk, sehingga akan terdeteksi para sopir yang mengkonsumsi narkoba.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, selepas libur tahun baru, kegiatan ini akan kita lanjutkan,” tukasnya.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz