Jelang Lebaran, Abang Tukang Becak Terima Bingkisan

Jombang, koranmemo.com – Ribuan abang tukang becak di kota santri berkumpul di lapangan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Kamis (7/6) pagi. Mereka datang untuk menerima bingkisan dari pemerintah. Selain penarik becak, juga ada petugas kebersihan, juru parkir serta penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) lainnya. Pembagian bingkisan diberikan langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang, Setiajit.

Pantauan di lapangan, sejak pagi mereka sudah antre untuk menukarkan kupon yang sudah dibagikan sebelumnya kepada para penerima. Kupon yang dibawa kemudian ditukarkan dengan sembako dan uang tunai.

Di sela acara Setiajit menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan kupon sejumlah 4.417 yang akan ditukarkan dengan sembako beras 5 kilogram dan uang tunai Rp 50 ribu. “Ini tadi kita bagikan kepada 4.417 orang. Tidak banyak yang diberikan, tapi ini mungkin sangat berarti bagi mereka,” ungkap Setiajit.

Masih menurut Setiajit, acara serupa sudah ada setiap tahunnya. Pembagian bingkisan selalu diberikan pada para warga kota santri yang kurang mampu agar sedikit bisa meringankan beban kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H.

“Setiap tahun senantiasa membantu meringankan abang tukang becak dan saudara-saudara kita yang kurang mampu. Ya setiap tahun selalu diberikan seperti ini,” sambungnya.

Sementara Aripin (40), penarik becak yang biasa mangkal di Jalan Hayam Wuruk kota setempat, mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan bingkisan pada tahun ini. Warga Dusun Weru Desa Mojongapit Kecamatan Jombang Kota tersebut pada tahun sebelumnya mengaku tidak kebagian kupon. “Ya alhamdulillah bisa terbantu. Tahun kemarin gak dapat kupon,” katanya, singkat.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date