Jelang Idul Fitri, Sopir Bus Jalani Tes Urine

Nganjuk, koranmemo.com – Puluhan sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang masuk di terminal bus Nganjuk, menjalani tes urine, Senin (11/6) sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka satu persatu dites kesehatannya, lalu mengambil toples kecil wadah air kencing.

Kasat Lantas Polres Nganjuk AKP Am Rido Ariefianto mengatakan, tes ini merupakan deteksi dini narkoba dan pemeriksaan kesehatan para pengemudi angkutan umum. “Ini masih dalam rangkaian operasi ketupat,” jelasnya.

Dikatakan, acara ini diselenggarakan bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara, BNNK dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk. Tujuannya, agar para sopir terbebas dari pengaruh narkoba saat mengemudi. “Saat ini bertepatan dengan mudik lebaran, jadi tes ini kita berlakukan,” tandas Am Rido.

Sementara itu, dari sekitar 50 awak bus yang diperiksa, semuanya negatif. Hanya saja, ada beberapa sopir mengkonsumsi obat yang ada kandungan narkoba. “Ada dua sopir yang positif menggunakan obat, namun masih dalam batas normal, artinya digunakan dalam bidang meedis, contohnya obat batuk,” kata Prasetya, dokter rehabilitasi BNN Kabupaten Nganjuk.

Editor : Muji Hartono

Follow Untuk Berita Up to Date