Jelang Idul Adha, Harga Sapi Naik

Jombang, koranmemo.com –¬†Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, harga sapi di Jombang sudah naik. Hanya saja saat ini kenaikan harga masih cenderung tipis.

Hal ini diungkapkan H. Amin, peternak sapi asal Dusun Kandangan Desa Kepuhkembeng Kecamatan Peterongan. Menurutnya, kenaikan harga yang sangat tipis itu dipengaruhi adanya daging impor yang masuk ke pasaran.

“Naiknya tidak seberapa. Paling lima persen naiknya, misalnya yang semula itu Rp 20 juta, sekarang jadi Rp 21 juta. Karena daging sapi impor banyak yang masuk,” kata Amin saat diwawancarai sejumlah wartawan, Kamis (2/8).

Meski begitu Amin mengakui pada momen menjelang Idul Adha seperti saat ini, permintaan daging sapi di pasaran meningkat sehingga mempengaruhi jumlah stok sapi yang ia sediakan.

“Kalau kondisi normal terjual empat hingga lima ekor sapi. Namun pada momen Idul Adha, kami siapkan 200 ekor sapi. Itu juga untuk kirim ke Bandung, Jakarta dan beberapa kota lain,” paparnya sembari mengaku memiliki koleksi sapi Limosin, Simental, dan sapi Madura.

Amin juga menambahkan, pada musim kemarau seperti ini, berat sapi rata-rata potongannya malah lebih bagus. “Kalau pada musim hujan agak jelek (beratnya). Karena faktor rumput (pakan) sehingga kadang sapinya mencret.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date