Jaranan Turonggo Yakso Tampil Memukau di Depan Peserta TMMD, Mas Ipin : Mantap

Trenggalek, Koranmemo.com – Jaranan Turonggo Yakso ambil bagian dalam pembukaan tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke 105, di lapangan Desa Suren Lor Kecamatan Bendungan, Kamis (11/7). Tampilan kesenian khas daerah itu memukau banyak pihak.

Apresiasi tampilan kesenian khas daerah binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek itu datang dari berbagai pihak. Diantaranya adalah Komandan Resort Militer (Danrem) 081 Dhirotsaha Jaya Kolonel Inf Masduki, beserta petinggi lainnya baik dari angkatan darat (AD) maupun angkatan udara (AU).

“Terima kasih (sambutannya), saya senang sekali dengan tampilan seni budaya ini. Cukup enerjik, bagus, harus terus dilestarikan,” ujarnya dalam pembukaan TMMD ke 105 di Trenggalek. TMMD ini diikuti sebanyak 150 personel, yang terdiri dari TNI-Polri dan pemerintah daerah (pemda).

Kesenian daerah diharapkan menjadi ‘tameng’ seiring derasnya budaya kebaratan yang dikhawatirkan dapat menggerus jati diri bangsa. Dia mengingatkan pentingnya untuk tetap melestarikan kesenian daerah. “Harapannya bisa diikuti dan dilaksanakan oleh generasi muda kita. Jangan sampai generasi muda kita terpengaruh budaya dari luar sehingga lupa dengan budaya sendiri,” jelasnya.

Untuk mewujudkan itu, Danrem menyebut akan membuat tempat untuk pentas seni budaya mencangkup wilayah Mataraman atau wilayah Korem 081/DSJ Madiun. Kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan akan budaya dan kesenian daerah. “Agustus ini kami buka untuk pentas seni dan pesta rakyat,” jelasnya.

Tak hanya mengagumi ragam kesenian daerah, pesona alam Trenggalek tak lepas dari perhatian. Menurutnya lokasi TMMD yaitu di Desa Dompyong dan Desa Sumurup potensial untuk menjadi destinasi wisata. “Sejuk dan dingin, enggak perlu AC. Bisa ditingkatkan menjadi tempat wisata, untuk menarik baik pengunjung lokal maupun dari daerah lain,” kata Danrem.

Kesan serupa juga dilontarkan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. Tampilan khas jaranan Turonggo Yakso acap kali mewakili Trenggalek saat sambang maupun menerima tamu pemerintah, termasuk sambutan dalam pembukaan pelaksanaan TMMD. “Mantap,” kata Mas Ipin sapaan akrabnya. (adv/Disparbud Trenggalek)

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date