Januari 2019, 95 Orang di Jombang Positif DBD

Jombang, koranmemo.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang mencatat sepanjang Januari 2019 ini sudah ada 95 orang dinyatakan positif Demam Berdara Dengue (DBD). Sepanjang itu juga tercatat ada 2 pasien dinyatakan meninggal dunia akibat nyamuk Aedes Aegypti tersebut.

Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Haryo Purwono, saat dikonfirmasi wartawan Kamis (31/1) mengatakan data tersebut tercatat per tanggal 1 – 31 Januari 2019.

“95 pasien dinyatakan positif DBD. Sedangkan prosentasenya 65-70 persen penderita di usia 5-14 tahun. Jadi anak-anak usia sekolah,” katanya melalui sambungan telepon, Kamis (31/1).

Ditambahkan, sepanjang Januari ini juga terdapat 2 penderita DBD yang meninggal dunia. “Dua meninggal dunia merupakan warga Kecamatan Jogoroto dan Kecamatan Diwek,” sambungnya.

Meski begitu, Dinas Kesehatan belum bisa menetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk kasus DBD di Kabupaten Jombang. Sebab, untuk penetapan KLB harus terdapat peningkatan jumlah penderita mencapai dua kali lipat dari jumlah penderita di periode sebelumnya.

“Penetapan KLB itu kan harus ada peningkatan 2 kali lipat dibanding tahun kemarin (tahun 2018). Dulu itu sekitar 67 penderita,” pungkasnya.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date