Jalur Bidik Misi Sepi Peminat

Share this :

Kediri Koranmemo.com –Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur Offline pada hari ini, Rabu (14/6) resmi ditutup. Sayangnya, pada jalur bidikmisi sangat sepi peminat baik di SMA maupun SMK se Kota dan Kabupaten Kediri.

Jumlah lembaga pendidikan negeri SMA maupun SMK di Kota dan Kabupaten Kediri sejumlah 31 lembaga. Dimana, pada pendafataran PPD offline hari terakhir ini, pihak Cabdindik setempat memperoleh data sebanyak 1.634 calon peserta didik.

“Hari ini terakhir, dan pada jam 5 sore ini yang belum mengirimkan data jumlah pendaftar hanya SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri,” ujar Sidik Purnomo Kasi Pendidikan Cabdindik Wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, Rabu (14/6).

Dalam PPDB offline terdapat 4 jalur, yakni jalur prestasi, inklusi, mitra warga, dan bidik misi. Dalam pemaparan data tersebut, jalur mitra warga sangat ramai diminati calon peserta didik, dimana terdapat 949 yang sudah mendaftar. Sedangkan, paling sepi peminat justru ada pada jalur bidik misi yang mana mengutamakan nilai NUN dalam persyaratannya.

“Mungkin memang persyaratannya cukup berat, jadi peminatnya sedikit. Dalam jalur bidik misi ini memang diperuntukan kepada calon peserta didik miskin dan memiliki prestasi,” jelas Sidik Purnomo

Jalur tersebut memang secara persentase dalam jalur offline cukup sedikit hanya 3 % dari pagu. Selain itu, pendaftar akan Diseleksi berdasarkan nilai UN dengan nilai rata-rata  8,5 dan tidak ada nilai di bawah  7,0 untuk setiap maple.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *