Jalan-Jalan ke Wisata Rambut Monte

Blitar, Koran Memo – Siapa yang tidak kenal dengan salah satu tempat wisata di wilayah Kabupaten Blitar ini. Rambut Monte namanya.  Objek wisata ini terkenal karena kondisi alamnya yang sejuk dan nyaman, serta udara yang segar. Di lokasi tersebut terdapat sebuah telaga yang mempunyai air yang jernih,selain itu juga ada candi, petilasan atau tempat untuk bermeditasi di latar belakangi dengan pemandangan yang hijau dari perkebunan teh dan sawah warga setempat, yang terhampar sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini.

Pesona wisata rambut monte Kabupaten Blitar (arief/memo)
Pesona wisata rambut monte Kabupaten Blitar (arief/memo)

Wisata Rambut Monte terletak di Dusun Krisik Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar atau kurang lebih 30 kilometer dari Kota Blitar. Candi yang terdapat di lokasi Rambut Monte ini merupakan tempat pemujaan bagi penganut agama Hindu pada zaman Kerajaan Majapahit. Di bawah candi terdapat sebuah telaga yang dihuni oleh ikan, yang oleh warga sekitar di sebut dengan ikan dewa. Sekilas lokasi telaga memang terlihat sangat wingit. Namun telaga ini juga disebut sebagai telaga pemandian para dewa. Selain dikelilingi oleh hutan pinus juga terdapat sumber air yang besar.

Di pinggiran telaga disediakan sebuah gazebo untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam di sekitar telaga. Keindahan lokasi Rambut Monte ini kian bertambah dengan pantulan warna air dalam danau yang jernih kehijauan dan cenderung ke toska. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di area telaga yang berisi ikan dewa, tetapi terdapat kolam tersendiri untuk pengunjung berenang menikmati hijaunya alam di Rambut Monte.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini para pengunjung hanya dikenakan retribusi sebesar Rp 2000. Itu sudah termasuk tempat parkir. Jika berada di lokasi Rambut Monte para pengunjung tidak akan jenuh karena suasana yang nyaman, bersih, dan sejuk menambah kenyamanan kita saat berlibur bersama keluarga ataupun teman dekat.(rif)

 

Follow Untuk Berita Up to Date