Jalan Inggris Menuju Final ‘Gampang’?

Rusia, koranmemo.com – Tersingkirnya Spanyol dari piala dunia tahun ini disebut-sebut membuat jalan Inggris menuju final semakin mulus.  Pasalnya, tim-tim favorit yang seharusnya melawan Inggris jika Inggris lolos ke babak perempat dan semi final sudah berguguran.  Hal tersebut menyisakan Kolombia, Swedia, Swiss dan Kroasia yang akan berhadapan dengan Inggris sebelum menuju final.

Apakah itu berarti Inggris melewati jalan mudah menuju final?  Selama perjalanan Inggris di piala dunia, hanya ada 5 negara yang pernah menyingkirkan Inggris di 3 fase knockout, yakni Jerman (2010, 1990 dan 1970), Portugal (2006), Brazil (2002 dan 1962), Argentina (1998 dan 1986) serta Uruguay (1954).

Inggris belum pernah sekali pun menang di fase knockout  melawan tim papan atas.  Selain ketika Inggris menjadi juara piala dunia pada tahun 1966, sejak tahun 1990, Inggris hanya pernah menang melawan Ekuador (2006) dan Denmark (2002) di babak 16 besar.

Tapi tahun ini ceritanya bisa berbeda.  Di antara negara-negara yang harus berhadapan dengan Inggris di fase knockout, hanya Swedia yang pernah mencapai ke final pada tahun 1958.

Tim yang harus dihadapi Inggris di babak 16 besar tanggal 3 Juli nanti, yakni Kolombia, hanya pernah mencapai babak perempat final satu kali, pada tahun 2014.  Apabila Inggris menang, maka Inggris akan menghadapi Swedia, yang terakhir kali masuk ke babak semi final adalah pada tahun 1994, atau Swiss yang belum pernah sama sekali masuk ke babak perempat final.

Jika Inggris masih bisa lolos ke babak semi final, maka lawan yang harus Inggris hadapi adalah antara  Kroasia, yang pernah masuk ke babak semi final pada tahun 1998 atau tuan rumah Rusia, yang belum pernah lolos dari fase grup sejak tahun 1991.

Dari 5 negara yang  harus dihadapi Inggris, hanya Swiss yang ranking-nya di piala dunia ini berada di atas Inggris yang berada di posisi ke-12.  Sementara Kolombia berada di posisi ke-16, Kroasia di posisi ke-20, Swedia di posisi ke-24 dan Rusia di  posisi ke-70.

Namun di sisi lain, Kolombia memiliki  pemain kelas A seperti Rodriguez dan Radamel Falcao, Kroasia memiliki Luka Modric dan Ivan Rakitic, serta Rusia memiliki dukungan penuh dari warga Rusia selaku tuan rumah.  Dan yang harus diingat, Swedia lolos ke babak 16 besar menyingkirkan Jerman dan Swiss berhasil imbang melawan Brazil.

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date