Jadi Tersangka, Pemilik Pabrik Tahu Formalin Bebas Berkeliaran

Ponorogo, koranmemo.comPolres Ponorogo akhirnya membeberkan identitas tersangka dalam kasus pabrik tahu formalin yang digerebek petugas pada 30 Mei lalu. Pemilik UD Untung Jaya, UT (43) warga Jalan Sedap Malam Kelurahan Purbosuman Kecamatan Ponorogo resmi ditetapkan tersangka oleh Sat Reskrim Ponorogo.

Penetapan UT sendiri selain berdasarkan hasil uji laboratorium AKA Farma Ponorogo, juga dari keterangan dan bukti selama penyelidikan berlangsung. Untuk memudahkan proses penyidikan kasus ini pabrik tahu yang telah beroperasi sejak 3 tahun lalu ini ditutup dan tidak boleh beroperasi.  Namun sayangnya, kendati berstatus tersangka UT tidak menjalani penahanan oleh petugas.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant melalui Kasat Reskrim AKP Rudi Darmawan berdalih, tidak ditahanya UT dalam kasus pabrik tahu Formalin, lantaran UT berjanji tidak akan menghilangkan barang bukti dan akan selalu kooperatif terhadap proses hukum yang berjalan.

” UT pemilik pabrik sudah kita tetapkan sebagai tersangka sejak akhir Juni lalu. Yang bersangkutan tidak kita tahan karena berjanji akan koperatif dan tidak menghilangkan barang bukti,” dalihnya, Senin (2/7).

Rudi mengungkapkan, akibat ulahnya UT sendiri akan dijerat dengan pasal 136 Undang Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan Jo pasal 75 Permenkes Nomor 33 tahun 2012 tentang bahan tambahan pangan dengan ancaman  maksimal 5 tahun penjara.

“Kita jerat dengan Undang Undang pangan dan bahan tambahan pangan dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya. Sat Reskrim Polres Ponorogo menggerebek pabrik tahu UD Untung Jaya di Jalan Sedap Malam Kelurahan Purbosuman Kecamatan Ponorogo, Rabu (30/5) sore. Penggerebekan pabrik milik UT (43) tahun ini lantaran diduga mengolah tahu dengan menggunakan Formalin.

Dari penggerebekan tersebut petugas mengamankan sejumlah barang bukti berupa tahu olahan, dan cairan dalam drum yang diduga mengandung Formalin.

Reporter: Zainul Rohman

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date