Jadi Pembicara di AYIC 2017, Bupati Emil: Pemuda Jangan Takut Tantangan Masa Depan

Share this :

Jombang, koranmemo.com – ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) 2017, digelar pada tanggal 28-30 Oktober 2017 di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang. Acara ini diikuti 150 pemuda dari 22 negara dan juga dihadiri beberapa pembicara. Salah satunya adalah Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak atau Emil Dardak.

Dihadapan para pemuda dari berbagai negara, Emil berpesan agar para pemuda tidak hanya memikirkan soal kepintaran saja melainkan bisa bergerak dengan berbuat nyata di lapangan dan tidak takut tantangan di masa depan.

“Kontek ASEAN ini sangat bermakna bagi saya. Kebetulan saya dulu juga penerima beasiswa ASEAN pada tahun 1999. Saat ini saya juga mewakili wilayah asia tenggara sebagai  wapres asosiasi kepala daerah se-Asia Pasifik,” kata Emil, Minggu (29/10) petang.

Emil juga mengingatkan agar pemuda saat ini jangan sampai menjadi generasi yang tidak bisa menerima kegagalan, yang terkungkung dalam pola pemikiran konvensional.

“Karena kegagalan itu bagian dari perjalanan hidup. Sekali lagi jangan hanya fokus menjadi orang pintar saja tapi juga menjadi orang yang bijak. Jangan fokus menjadi pemikir saja tapi harus bisa berbuat di lapangan,” ungkap Emil.

Di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), lanjut Emil, para pemuda jangan takut bersaing. Pemuda wajib mengetahui tantangan namun juga paham tentang cara mengatasinya. “Di tempat saya saja (Trenggalek) saya akui masih ada PR (pekerjaan rumah) karena masih ada pemuda yang takut tantangan,” bebernya.

Emil juga mengapresiasi pondok pesantren  bisa menjadi tuan rumah dalam event berkelas internasional. “Saya merasa terhormat sekali bisa menjadi bagian dalam acara ini. Saya yakin kedepannya semakin banyak ruang bagi pondok pesantren untuk eksis di dunia internasional,” tandasnya.

Sekedar diketahui, AYIC 2017 digelar selama 3 hari yakni 28-30 Oktober 2017. Peserta kegiatan ini adalah 150 pemuda dari 22 negara. Selain dari Indonesia, peserta juga datang dari Kamboja, Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand, Singapura, Laos, Brunei Darussalam, Jepang, Pakistan, Madagaskar, Lithuania, Mesir, Maroko, Hungaria, Amerika Serikat, Tanzania, Korea Selatan, Libya, Belanda dan Inggris.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz