Jabatan Habis, Bupati Muhtarom Boyongan ke Rumah Pribadi

Madiun, koranmemo.com – Bupati dan Wakil Bupati Madiun periode 2013-2018, Muhtarom-Iswanto (MUIS), Kamis (2/7) sore, boyongan dari rumah dinas ke rumah pribadinya di Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, sebab, masa jabatannya habis pada 3 Agustus 2018.

Prosesi pindah berlangsung di Pendopo Muda Graha Pemkab Madiun Jl. Alun-alun 4 Kota Madiun, dikemas dalam acara budaya Kirab Boyongan. Ditandai penyerahan Panji Pemkab Madiun kepada Sekda Tontro Pahlawanto dan Pusaka Keris Kolo Gumarang oleh Bupati Madiun kepada Wakil Ketua DPRD setempat.

Selanjutnya, Muhtarom menunggang kereta kuda yang dihias, diiringi arak-arakan kereta hias sebanyak 32 kereta ditumpangi jajaran Kepala OPD dan Camat menuju ke rumah pribadinya.

Muhtarom mengaku sangat senang dan terharu, karena tidak menyangka, acara pindahan dibuat semeriah itu. “Saya merasa dihormati, mendapat apresiasi. Dan saya sangat bangga,”kata Muhtarom kepada wartawan.

Muhtarom merupakan Bupati Madiun pertama yang dibuatkan acara Kirab Boyongan pada saat pindah dari rumah dinas ke rumah pribadi. “Kalau dulu Pak Mahendra (bupati sebelumnya) cuma naik kereta, lalu ditarik bersama-sama ke alun-alun, kemudian naik helikopter ke Surabaya,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Madiun Tontro Pahlawanto selaku ketua acara, mengatakan kegiatan tersebut merupakan inisiatif seluruh OPD. Selain sebagai wujud apresiasi kepada Muhtarom, sengaja acara pindahan itu dikemas dalam kegiatan budaya, sebagai upaya melestarikan kebudayaan di Madiun.”Momentum ini merupakan upaya untuk melestarikan kebudayaan. Dan insyallah akan menjadi sebuah pakem,” kata Tontro.

Kirab Boyongan dihadiri, perwakilan Lanud Iswahjudi, Kasilog Rem 081/Dsj Letkol Inf Udjiono, Kepala Pengadilan Negeri Kabupaten Madiun Arif Budi Cahyono, Kapolres Madiun AKBP I Made Agus Prasetya, Ketua MUI KH. M. Shodiq, S.Ag, Ketua FKUB KabupatenMadiun KH. Mukharomaini Ikhsan,  Toga, Tomas dan Toda se-Kabupaten Madiun, Kepala dan staf OPD dan Muspika se-Kabupaten Madiun. Kegiatan tersebut juga disambut antusias masyarakat Kabupaten/Kota Madiun yang sejak siang telah menunggu kereta kuda Muhtarom melintas di wilayah Kota Madiun sampai Dolopo Kabupaten Madiun.

Reporter : Juremi

Editor : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date