Istana Gebang Digelontor Rp 2 Miliar

Blitar, koranmemo.com-Pemerintah Kota Blitar terus mempercantik kawasan wisata Istana Gebang. Setelah mengganti patung Bung Karno di halaman muka Istana Gebang pada 2017, Pemkot berencana memasang paving di areal parkir sisi barat Istana Gebang tahun ini (2018).

“Sudah kami usulkan anggaran Rp 2 miliar lebih untuk paving areal parkir tahun ini,” kata Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar, saat mengunjungi Istana Gebang.

Saat ini, kondisi areal parkir di sisi barat Istana Gebang masih berupa tanah. Saluran air di kawasan itu juga belum maksimal. Saat hujan deras, areal parkir teregenang air. Kondisi itu tidak membuat nyaman pengunjung Istana Gebang.

Kabid Pengelolaan Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Heru Santoso menambahkan memang mengusulkan anggaran untuk pembangunan sejumlah fasilitas di kawasan Istana Gebang. Tidak hanya paving, pengelola juga akan menambah kios pedagang dan membangun kamar mandi di lokasi.

Sesuai rencana ada penambahan 15 kios di areal parkir Istana Gebang. Sejumlah kios itu untuk memasarkan souvernir khas Kota Blitar. “Rencananya semua kios pedagang kami tata berjajar di sisi barat semua. Sekarang masih ada beberapa kios di sebelah timur,” kata Heru.

Pihaknya berharap penambahan fasilitas itu semakin menarik minat pengunjung datang ke Istana Gebang. Menurutnya, jumlah pengunjung di Istana Gebang terus meningkat. Pada hari biasa jumlah rata-rata pengunjung Istana Gebang mencapai 500 orang.

Saat akhir pekan atau musim liburan jumlah pengunjungnya meningkat menjadi 1.000-1.500 orang per hari. “Tiap hari Minggu kami juga menggelar seni jaranan di lokasi. Ini juga untuk menarik minat pengunjung di Istana Gebang,” kata Heru.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.