ISNU Sesalkan Muatan Materi UAS yang Terlalu Banyak Khilafah

Share this :

Jombang, koranmemo.com – Ujian Akhir Semester (UAS)siswa kelas XII MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Jombang, Rabu (6/12) turut menyita perhatian Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jombang. Ini karena dalam soal mata pelajaran fiqih dinilai terlalu banyak muatan materi ideologi khilafah.

Ketua ISNU Jombang Hannan Majdy atau Gus Han menjelaskan, temuan itu terdapat pada soal nomer 1 sampai 7 yang terdapat pertanyaan seputar khilafah. Seperti pengertian khilafah, tujuan khilafah, dasar-dasar khilafah, dalil tentang khilafah, sosok khalifah dan pengertian baiat.

Sedangkan soal nomor 10 berisi pengertian jihad untuk memerangi pihak-pihak yang memusuhi Islam. Sementara pada soal nomor 11 dan 12 terkait etika peperangan dalam Islam dan harta rampasan perang.

“Kami menyayangkan adanya materi yang kebanyakan tentang khilafah. Ini seperti memancing ideologi khilafah pada generasi muda kita. Ketika mereka mengenal dan mempelajari khilafah sudah seperti sel tidur perpecahan NKRI,” kata Gus Han saat ditemui wartawan di rumahnya di kompleks Pesantren Tambakberas, Rabu (6/12).

Setelah ditelusuri, lanjut Gus Han, ternyata sudah tersistem dan terstruktur  sehingga bukan pada kesalahan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) atau MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) atau K3MA (Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah), tapi sudah dari pusat. “Ini sudah ditanamkan dari awal pembentukan kurikulum Madrasah Aliyah,” urainya.

Atas temuan ini, lanjut Gus Han, ISNU Jombang akan mengkaji dengan tim ahli di bidang pendidikan dan bidang agama. “Selanjutnya akan kami sampaikan ke Kementerian Agama untuk merevisi kurikulumnya,” ujarnya.

Terpisah, guru fiqih MAN Tambakberas Jombang, M Maqsum mengaku sempat mempertanyakan isi materi tersebut. Namun lantaran pedoman materi sudah dari pusat, maka pihaknya berusaha memberikan pemahaman secara utuh kepada siswa.

“Apalagi materi ini sudah ada dalam buku paket yang diajarkan sejak awal semester,” tandas guru yang juga anggota MGMP ini.

Reporter : Agung Pamungkas

Editor : Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz