Investor Asing di Kabupaten Blitar Sangat Minim

Blitar, koranmemo.com – Keberadaan investor asing diyakini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Bahkan Pemerintah Pusat sudah mengingatkan agar memberikan fasilitasi dan dukungan terhadap setiap investor yang masuk, tak terkecuali investor asing. Saat ini, di Kabupaten Blitar ternyata juga sudah ada investor asing, namun hanya ada satu investor.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Rully Wahyu Prasetyowanto mengatakan, investor asing di Kabupaten Blitar yang sudah bergerak atau sudah melakukan kegiatan, yaitu PT Greenfields Indonesia di Wlingi yang bergerak dibidang peternakan sapi perah.

Saat ini, satgas percepatan usaha di Kabupaten Blitar sedang melakukan pendampingan dan fasilitasi terhadap investor asing yang masuk, yaitu PT Olam Sumber Manis yang bergerak di sektor pendirian pabrik gula berada di Desa Kaulon Kecamatan Sutojayan.

“Investor asing yang sudah beroperasi dan menghasilkan masih ada satu. Ada satu lagi investor asing yang masuk, tapi kini masih memegang izin lokasi dan sedang proses pembebasan lahan dengan masyarakat sekitar,” kata Rully, Jumat (15/02).

Dijelaskan, terkait investor asing sesuai dengan undang-undang penanaman modal nomor 25 tahun 2007, dimama pada kategori penanaman modal ada yang dalam negeri (PMDN), dimana modalnya dari dalam negeri, dan adapula yang modalnya dari asing (PMA). Sehingga adanya investor asing diperbolehkan sepanjang memenuhi ketentuan dan persyaratan obyek kegiatan penanaman modalnya.

“Pada dasarnya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, ada beberapa elemen yang membangun pertumbuhan ekonomi, diantaranya investasi, konsumsi pemerintah, belanja pemerintah, konsumsi masyarakat, dan ekspor. Belanja masyarakat dan konsumsi masyarakat sudah dilakukan. Jadi yang bisa dilakukan untuk menggenjot ekonomi setidaknya adalah ekspor dan investasi,” tandasnya.

Rully menambahkan, pihaknya juga telah berupaya menggerakkan daerah sendiri agar menerima dengan baik adanya investasi. Dengan catatan investasi yang menguntungkan masyarakat. Dengan masuknya investasi, nantinya akan ada penyerapan tenaga kerja dan ada modal yang bergerak sehingga pertumbuhan ekonomi bisa meningkat.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date