Inilah Batu Kuno di Wonorejo Yang Membingungkan BPCB

Kediri, koranmemo.com – Ada dua batu berbentuk oktagon yang ditemukan diantara struktur batu bata kuno di Dusun Wonorejo Desa Semanding Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Batu kuno yang berbentuk cukup unik tersebut sampai membuat tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur kebingungan mengidentifikasinya.

Kasub Unit Penyelamatan BPCB Jawa Timur, Ahmad Hariri, mengaku masih kebingungan untuk mengidentifikasi benda tersebut. Pasalnya, selama penelitian kepurbakalaan belum pernah menemukan batu peninggalan purbakala yang berbentuk seperti batu yang ditemukan di lahan warga Dusun Wonorejo Desa Semanding Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

“Semua masing-masing punya dugaan yang berbeda, karena apa yang kami sebutkan identifikasinya itu berdasarkan analogy yang hampir mendekati, maka ada yang menyebut itu Umpak ada yang menyebut Selubung Tiang, ada yang menyebut As Pintu. Nanti kita lihat saja, bisa jadi saya juga bingung. Karena kalau disebut umpak itu ada tapi hanya segi empat tidak berbentuk oktagon seperti itu,” kata Hariri.

Dua batu oktagon yang ditemukan itu cukup unik, dan memiliki ukuran yang tidak sama. Batu oktagon kecil berukuran tinggi 53 centimeter, lebar bawah 44 centimeter, lebar atas 35 centimeter, diameter lubang bawah 21 centimeter, dan kedalaman lubang 12 centimeter. Oktagon yang besar berukuran tinggi 57 centimeter, lebar bawah 35 centimeter, lebar atas 33 centimeter, kedalaman lubang bawah 13 centimeter, dan kedalaman lubang atas 11 centimeter. Sedangkan, balok yang ditemukan berukuran panjang 80 centimeter, lebar 42 centimeter, dan tebal 21 centimeter.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date