Inikah Tempat Wisata di Bali yang Paling Sering Anda Kunjungi

Bali, koranmemo.com – Bagi wisatawan domestik (Wisdom) yang merencanakan liburan ke Pulau Dewata Bali mungkin tidak asing lagi dengan tempat wisata seperti Pantai Kuta atau tempat-tempat wisata lain. Maklum saja karena lokasi wisata ini memang sangat pavorit dikunjungi para wisatawan. Maka tidak heran kalau agen/biro perjalanan sering menawarkan lokasi-lokasi ini kepada para wisatawan.

Tempat wisata menarik di Bali untuk liburan memang banyak. Karena itulah Bali tidak pernah sepi dari kunjungan Wisdom maupun Wisman (wisatawan mancanegara). Berikut daftar tempat wisata yang mungkin sering Anda dikunjungi.

1. Pantai Kuta

Sepertinya hampir semua wisatawan pernah mengunjungi pantai yang satu ini atau setidaknya pernah mendengar namanya. Ya Pantai Kuta. Dari tahun 1970 sampai sekarang, Pantai Kuta selalu menjadi pantai pasir putih paling terkenal di pulau Bali. Penunjang pariwisata di kawasan pantai Kuta Bali ini juga sangat lengkap  mulai fasilitas akomodasi, kuliner dan transportasi. Bahkan akitivitas wisatawan atau pun warga di sekitar Pantai Kuta tidak pernah sepi baik pagi, siang maupun malam hari.

Maka tidak heran kalau banyak wisatawan yang tertarik menginap di Kuta. Apalagi bagi mereka yang waktu berkunjung ke Bali sangat singkat seolah mereka ingin menghabiskan sepanjang waktunya untuk menikmati Bali.

Namun kadang-kadang mencari tempat menginap di Kuta susah dan gampang. Gampangnya karena tersedia banyak sekali hotel, bungalow, villa dan resort di kawasan Kuta. Susahnya saat musim liburan, di Bali seperti libur lebaran dan liburan tahun baru, hampir semua penginapan di kawasan Kuta Bali penuh. Untuk itu sebelum musim libur tiba jika mau menginap di Kuta hendaknya bisa pesan terlebih dahulu. Banyak informasi agen perjalanan dan hotel yang bisa dicari lewat internet.

Pilihan menginap di Kuta juga sangat menguntungkan karena jarak Kuta dengan lokasi wisata lain di Bali tidak jauh. Apalagi kondisi arus lalu lintas di Bali saat ini juga semakin padat bahkan cenderung macet.

2. Pura Tanah Lot

Daya tarik objek wisata Tanah Lot, terletak pada lokasi pura Tanah Lot yang berada di atas batu karang dan di tengah laut. Karena lokasi dari pura Tanah Lot terletak di barat daya pulau Bali, maka objek wisata Tanah Lot, salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset di pulau Bali.

Maka sebagian besar wisatawan saat mengunjungi objek wisata Tanah Lot, akan memilih waktu sore hari, sebelum matahari terbenam. Tujuannya hanya satu, ingin melihat pemandangan sunset di Tanah Lot.

Jarak tempuh Kuta Ke Tanah Lot, 24 kilometer. Dengan waktu tempuh rata-rata 1 jam lebih. Karena banyak wisatawan memilih untuk mengunjungi pura Tanah Lot di sore hari, kemudian bersamaan dengan jam pulang kantor. Hal ini membuat rute dari Kuta ke Tanah Lot akan banyak terjadi kemacetan.

3. Pura Uluwatu

Objek wisata pura Uluwatu Bali selalu ramai dengan kunjungan wisatawan Indonesia, terutama di sore hari menjelang matahari terbenam. Untuk informasi buat anda, dari pinggir tebing pura Uluwatu, salah satu spot terbaik melihat sunset di Bali, selain Tanah Lot.

Pura Uluwatu Bali, memiliki status sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga poros mata angin pulau Bali. Lokasi pura terletak di atas bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Karena lokasi pura yang berada di atas tebing batu karang, maka pura ini di beri nama Uluwatu, yang dalam bahasa Sanskerta berarti puncak batu karang.

Lokasi berdirinya bangunan pura Luhur Uluwatu, membuat wisatawan yang datang berkunjung, tidak hanya dapat menikmati suasana yang sakral dan religius, tetapi juga pemandangan yang indah serta unik.

Berbeda dengan pemandangan yang ada di objek wisata pura Tanah Lot, wisatawan yang berwisata ke pura Luhur Uluwatu akan menyaksikan luasnya hamparan Samudra India, dengan ombak yang menghantam kaki tebing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam tanpa adanya halangan yang menghalangi pemandangan sunset.

4. Pantai Pandawa

Selain pantai Kuta Bali, pantai pasir putih yang menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia adalah pantai Pandawa. Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput lautkarena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.

Hampir setiap hari selalu ramai dengan kunjungan wisatawan Indonesia, bahkan saat musim sepi di pulau Bali.

Tingginya kunjungan wisatawan Indonesia ke pantai Pandawa Bali, karena memiliki tempat parkir luas dan lokasi parkir sangat dekat dengan bibir pantai.

Lokasi pantai Pandawa, memiliki rute searah dengan tempat wisata terkenal di Bali. Seperti Tanjung Benoa, Waterblow Nusa Dua, Garuda Wisnu Kencana (GWK Bali), Pura Uluwatu serta pantai tempat makan hidangan seafood bakar terenak di Bali, yaitu pantai Jimbaran.

Tersedia aktivitas naik kano dengan harga terjangkau.

Ombak pantai tidak terlalu besar jadi nyaman untuk berenang.

Pasir pantai terjaga kebersihannya.

5. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Jika Anda sedang mencari tempat yang wajib dikunjungi di Bali untuk liburan keluarga, pilihannya adalah Garuda Wisnu Kencana. Tempat wisata ini lebih terkenal dengan sebutan objek wisata GWK Bali.

Walaupun tiket masuk ke objek wisata Garuda Wisnu Kencana, tidak dapat dikatakan murah! Tapi tidak mengurangi antusias wisatawan Indonesia untuk liburan ke GWK Bali. Karena menjadi objek wisata favorit wisatawan domestik, maka banyak penyedia paket tour Bali, selalu mencantumkan rute liburan dengan mengunjungi GWK Bali.

Follow Untuk Berita Up to Date