Ini Yang Dilakukan Pemkot Kediri Untuk Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Terhadap Anak-anak

Kediri, koranmemo.com – Pemerintah Kota Kediri mempunyai cara tersendiri untuk meningkatan kepedulian masyarakat terhadap anak. Salah satunya adalah dengan memberikan surat himbauan kepada warga Kecamatan Mojoroto untuk mematuhi lima aturan yang telah dibuat dari kesepakatan satuan petugas perlinduan anak (Satgas PPA).

Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Pemkot Kediri, Mutakalim mengatakan, himbauan tersebut diberikan agar tiga pilar utama anak-anak, yakni keluarga, sekolah dan lingkungan lebih peduli terhadap tumbuh kembang anak dan hak – hak mereka.

Lima poin itu adalah, pertama mendampingi anak dalam jam – jam belajar di rumah yakni mulai jam 18.00 WIB sampai dengan jam 21.00 WIB dengan tidak menyalakan televisi, radio, handphone, dan kegiatan lain yang mengganggu proses belajar di rumah. Kedua, tidak merokok di dalam rumah. Ketiga, setidaknya seminggu sekali orang tua meluangkan waktu hanya berdua dengan anak dan tidak diganggu dengan aktivitas lain. Hal ini penting untuk meningkatkan ikatan batin dengan anak dan untuk mengetahui keinginan anak, juga masalah pribadi anak sekaligus memberikan solusi.

Poin ke empat adalah, bersama RT, RW, LPMK, Karang taruna, PKK, dan lainnya mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak dan menciptakan lingkungan yang nyaman sebagai sarana bermain dan pengembangan potensi diri anak. Hal ini bisa melalui Prodamas, optimalisasi Program English Massive, TPQ, sanggar seni budaya, Posyandu, dan lainnya. Dan poin terakhir adalah, mengambil langkah – langkah jika ada anak usia sekolah (wajib belajar 9 tahun) yang putus sekolah sehingga bisa sekolah lagi.

“Ini baru di Kecamatan Mojoroto kita terapkan, semoga sukses dan untuk kecamatan lainnya kita tunggu saja ini masih dalam proses,” jelas Mutakalim.

Reporter : Zayyin Multazam

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date