Ini Vonis untuk 3 Terdakwa Korupsi Jembatan Brawijaya Kota Kediri

Sidoarjo, koranmemo.com – Majelis hakim memvonis tiga orang terdakwa dalam kasus korupsi mega proyek jembatan Brawijaya Kota Kediri di pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) Surabaya di Sidoarjo,  Senin, (7/5/2018).  Kasenan, Wijanto, dan Nur Iman Satryo Widodo terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara tersebut.

Kasenan, (Kepala Dinas PU kota Kediri l) divonis majelis hakim yang diketuai I Wayan Sosiawan dengan  pidana penjara selama 5 tahun 6 bulan, denda Rp 100 juta dengan subsider 3 bulan kurungan. Tidak hanya itu, terdakwa juga diharapkan bisa mengembalikan uang pengganti Rp 396.500 juta, subsider 1 tahun 6 bulan.

“Terdakwa Kasenan terbukti melanggar pasal 3 undang-undang tindak pidana korupsi dan pasal 12 huruf b juncto pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-Undang No.31 tahun 1999,” ucap I Wayan Sosiawan saat membacakan vonis di ruang sidang cakra, Senin (7/5/2018) sore.

Sebanyak tiga majelis hakim secara bergantian membacakan isi vonis 3 terdakwa tersebut.

Sejurus kemudian, hakim ketua membacakan vonis yang kedua untuk terdakwa Wijanto, Kabid Permukiman DPUPR. Terdakwa divonis hakim dengan penjara 3 tahun dengan uang denda Rp 5 jt, subsider kurungan 2 bulan dan membayar biaya perkara sebesar Rp 5 rb.

“Terdakwa Wijanto  terbukti melanggar pasal 3 undang-undang no 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi,” terangnya.

Sementara itu, terdakwa Nuriman Satrio Wido secara sah terbukti menerima suap karena terbukti bersalah melanggar pasal 3 undang-undang tindak pidana korupsi dan pasal 12 huruf b juncto pasal 18 undang-undang tindak pudana korupsi.

“Dengan ini menjatuhi vonis dengan terdakwa Nuriman pidana penjara 2 tahun 8 bulan dengan denda uang Rp 50 juta, subsider kurungan 2 bulan,” ucap majelis hakim di ruang persidangan.

Tidak hanya itu, Nuriman diharuskan mengembaikan uang sebesar Rp 25 juta sebagai uang pidana.

Sementara itu, menanggapi vonis tersebut, ketiga terdakwa memilih jalur pikir-pikir. “Selama 7 hari waktu kami berikan untuk berfikir,” pungkas majelis hakim dan sidang diakhiri dengan mengetuk palu sidang sebanyak 3 kali.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date