Ini Penyebab Kebakaran Rumah yang Tewaskan Pasutri di Waru

Sidoarjo, koranmemo.com – Penyabab kebakaran rumah yang menewaskan pasangan suami istri (pasutri) Sujarno (59) dan Suwarni (59) di Berbek IIIB gang Balong 1, Kecamatan Waru, Sidoarjo masih dalam penyelidikan polisi. Sejauh ini, dari indentifikasi awal, Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol M. Harris menduga adanya hubungan arus pendek atau konsleting kabel.

“Dugaan sementara akibat konsleting listrik,” ungkap Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris, Selasa (18/9/2018).Dikatakan, dalam peristiwa tersebut Satreskrim Polresta Sidoarjo hanya melakukan identifikasi awal, memeriksa beberapa saksi, dan membantu proses penyelidikan untuk mengungkap peristiwa itu.

“Terkait identifikasi detail untuk mengetahui awal titik api, penanganannya oleh Tim Labfor Polri Cabang Surabaya. Jadi labfor yang bisa memastikan penyebab kebakaran,” sambung Harris.

Dari pemeriksaan dan identifikasi awal yang dilakukan itu, diduga kebakaran akibat konsleting listrik di rumah bagian belakang. Utamanya di dapur, atau di kamar korban. “Kebakaran yang utama terjadi di dua tempat itu. Dapur dan kamar korban,” imbuh mantan Kapolsek Simokerto Surabaya tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran diketahui pertama pada Senin (17/9/2018) dinihari sekira pukul 01.30 WIB. Akibat peristiwa itu, suami istri penghuni rumah ditemukan tewas terpanggang di atas tempat tidurnya di dalam kamar.

Dua jenazah tersebut dilarikan ke RS Bhayangkara Surabaya. Beberapa barang bukti juga diamankan petugas dari lokasi kejadian. Dugaan kebakaran yang disebabkan konsleting listrik menurut warga sekitar titik api berawal dari bagian belakang rumah atau area dapur. Sejumlah warga melihat api membumbung tinggi di area tersebut.

Hal itu dikatakan Samsul, salah satu warga yang ikut mendobrak dan memadamkan api saat terjadi kebakaran di rumah korban. “Api pertama terlihat dari dapur. Kemudian merembet ke kamar yang berada di ruang tengah,” kisah Samsul

Menurutnya, bagian depan rumah tidak terbakar karena rumah itu atapnya telah dicor. “Makanya hanya kamar tidur dan dapur korban yang hangus terbakar,” terang Samsul.

Untung api tidak sampai merambat ke rumah tetangga korban. Hanya ada beberapa baju tetangga sebelahnya yang sedang dijemur ikut terbakar.

Diceritakan Samsul, usai mendobrak pintu rumah korban dimana api sudah mulai padam mengaku terkejut. Saat itu ia mengaku melihat dua korban sudah terbujur kaku di atas ranjang dengan luka bakar.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date