Ini Lomba Agustusan Seru dan Unik di Nganjuk

Nganjuk, koranmemo.comMemasuki bulan Agustus, seluruh elemen masyarakat melakukan berbagai kegiatan positif guna menyemarakkan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (atau yang dikenal Agustusan). Di Kabupaten Nganjuk, warga berinovasi dengan menggelar perlombaan seru sekaligus unik, yaitu maraton air estafet.

Lomba tersebut digelar oleh masyarakat di Perumahan Puri Mangundikaran Kecamatan/Kabupaten Nganjuk. Tawa riang sekaligus teriakan histeris terdengar sepanjang lomba, terlebih saat melihat warga basah kuyup ketika mencoba mengoper wadah berisi air ke teman-temannya.Puluhan ibu-ibu harus rela menahan dingin akibat kucuran air sepanjang pelaksanaan lomba maraton air estafet tersebut. Lomba ini terdiri dari dua regu. Setiap regu terdiri dari empat orang yang saling kompak dan bahu membahu membawa air secara estafet untuk dimasukkan ke dalam bak atau ember plastik.

Aturannya, air yang diambil di ember plastik oleh orang yang berada di bagian depan, diberikan kepada orang kedua yang ada di belakangnya. Selanjutnya terus dioper ke orang di belakangnya dengan melewati atas kepala, tanpa boleh menoleh ke belakang. Begitu seterusnya sampai orang yang terakhir menerima operan air dimasukkan ke dalam ember.

Penilaian terbaik diberikan kepada regu yang berhasil mengumpulkan air terbanyak di ember bagian paling belakang. Para peserta pun harus basah kuyup karena air yang mereka oper banyak yang tumpah mengenai tubuh mereka.

“Sangat senang dan bersyukur sekali. Walau harus basah-basahan di cuaca dingin seperti ini tak apa, yang penting dapat juara dua. Harus semangat untuk menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Ida, salah satu peserta lomba.

Perlombaan lain yang tak kalah seru adalah ketika ibu-ibu ini saling adu kekuatan melalui lomba tarik tambang. Penonton pun tak kuasa menahan tawa ketika melihat ibu-ibu peserta lomba tarik tambang berjatuhan dalam usaha merebut kememangan.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date