Ini Harapan Desa Menang dalam Peringatan Satu Suro Tahun Ini

Kediri, koranmemo.com – Peringatan datangnya Tahun Baru 1440 Hijriah atau dalam kalender jawa disebut Suroan, dilakukan oleh ribuan warga Kabupaten Kediri. Mereka menggelar upacara ziarah ke tempat Pamoksan Raja Kerajaan Kediri Sri Aji Jayabaya. Pada tahun ini, yang merupakan tahun politik diharapkan semua kegiatan politik berjalan lancar dan pemimpin yang terpilih bisa amanah.

Upacara diawali dengan menggelar Kirab Pusaka Tombak Kiai Bimo yang merupakan peninggalan sang raja. Upacara kemudian diakhiri dengan ritual tabur bunga oleh 16 bocah perempuan.

Kirab Pusaka Tombak Kiai Bimo ini dimulai dari Balai Desa Menang, Kecamatan Pagu, menuju ke komplek Pamoksan Sri Aji Jayabaya, yang merupakan raja dari Kerajaan Kediri. Kirab pusaka ini diikuti oleh ribuan warga dan ritual ini rutin dilakukan setiap tanggal 1 Muharram atau dalam kalender jawa disebut Suroan.

Peserta di bagian depan membawa payung sebagai petunjuk, dan di belakangnya masyarakat yang mengenakan pakaian adat Jawa. Sesampainya di Pamoksan, ritual dilanjutkan dengan doa meminta keselamatan . Setelah itu, dilanjutkan menuju Sendang Tirtokamandau, yang dipercaya sebagai tempat bersucinya sang raja sebelum moksa.

Suratin, panitia upacara ziarah 1 Suro diadakan dengan tujuan menghormati Sri Aji Jayabaya yang merupakan raja dari Kerajaan Kediri.  Jayabaya dikenal sebagai seorang raja yang memiliki sifat arif dan bijaksana.  Sang Raja juga dikenal dengan ramalannya yang dinamakan Jangka Jayabaya pada abad ke 11.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Kediri. Kita ajak generasi muda Kabupaten Kediri untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ungkap Suratin.

Dalam tahun ini yang merupakan tahun politik, peringatan satu suro ini dipanjatkan doa agar pelaksanaan politik berjalan lancar. Selain itu pemimpin yang kelak terpilih bisa amanah dengan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan oleh masyarakat.

“Harapannya ditahun politik ini semua berjalan dengan lancar dan tidak pemimpin yang terpilih bisa amanah sesuai dengan keinginan masyarakat,” ujar Suratin.

Reporter : Nuramid Hasjim

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date