Ini Cara yang Dilakukan Polisi Berdialog dengan Siswa SD

Nganjuk, koranmemo.com – Ratusan siswa SDN Kerepkidul Kecamatan Bagor, pagi tadi, Jumat (14/9) nampak antusias berdialog dengan polisi wanita (polwan). Anak-anak ini sibuk menanyakan kinerja polisi, mulai mengatur lalu lintas hingga menangkap pencuri.

“Bu, saya pernah lihat ada gambar seperti gunung. Tapi begitu saya lihat, di jalan kok tidak ada gunung,” tanya salah satu siswa sambil menunjuk rambu lalu lintas peringatan jalan bergelombang.

Sontak pertanyaan murid kelas 2 ini membuat semua murid tertawa. “Itu bukan gambar gunung sayang, tapi rambu peringatan jika jalan yang akan dilewati bergelombang. Jadi harus hati-hati,” jawab polwan Unit Dikyasa Satlantas Polres Nganjuk.

Rupanya, pengenalan pengetahuan lalu lintas dan peraturannya yang dikemas dalam bingkai ‘Polisi Sahabat Anak’, yang dilakukan Unit Dikyasa Satlantas Polres Nganjuk ini sangat mengena.
Terbukti, sebanyak 117 murid SDN Kerepkidul ini berani mengajukan pertanyaan seputar lalu lintas.

“Sengaja kami berikan pengajaran kepada anak-anak dengan materi pengenalan profesi kepolisian, rambu-rambu dan alat pengatur isyarat lalu lintas lainnya, serta pemakaian helm SNI,” beber AKP Am Rido Ariefianto Kasatlantas Polres Nganjuk.

Tujuan kegiatan ini, lanjut Am Rido, untuk menambah pengetahuan bagi anak usia dini tentang rambu-rambu, alat pengatur isyarat lalu lintas, peraturan lalu lintas serta tata cara berlalulintas yang baik dan benar, serta anak-anak merasa lebih dekat dengan polisi khususnya satuan lalu lintas. “Anak tidak lagi merasa takut, namun anak akan lebih berani dan proaktif,” tukasnya.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date