Ingin Cepat Kaya,  Malah Begini Jadinya

Ponorogo, koranmemo.com -Ada-ada saja ulah Muhamad Sabil warga Dukuh Krajan RT 003, RW 001, Desa Kepuhrubuh, Kecamatan Siman ini. Niatnya untuk cepat kaya dengan mendapatkan banyak uang justru membuatnya menjadi korban penipuan bermodus dukun pengganda uang.

Adalah, Siswoyo (47) warga Jalan Letjen Suprapto Rt 001 Rw 003 Kelurahan Keniten Kecamatan Ponorogo. Lelaki paruh baya ini mengaku bisa menggandakan uang dengan lantaran Gentong.

Kasus ini berawal, pada Nopember 2016 lalu ketika tersangka datang kerumah korban. Dalam aksinya untuk merayu korban, Siswoyo mengaku bisa menggandakan uang korban dengan sejumlah ritual. Yakni, korban dimintai tolong mengambil uang gaib di dalam gentong dengan syarat agar berpuasa 21 hari, rajin sholat di masjid Tegalsari serta dimintai uang untuk membayar mahar selama proses ritual berlangsung.

Korban yang tergiur rayuan tersangka lantas menuruti ajakan tersebut, Namun ketika ritual usai korban terkejut, lantaran uang mainan yang ada di dalam gentong. ”Jadi tersangka ini menggunakan modus uang gaib, kepada korban ia mengaku uang itu ada di dalam gentong dan dapat diambil bila ritualnya selesai. Selama ritual, korban dimintai uang untuk mahar sebesar lima ratus ribu rupiah sampai dua juta rupiah setiap melakukan ritual, kenyataanya cuman uang mainan,” ujar Kasubag Humas Polres AKP Sudarmanto, Rabu (14/3).

Sudarmanto mengungkapkan, merasa ditipu korban pun melaporkan kasus penipuan yang dilakukan tersangka ke Polsek Siman awal 2017 lalu. Petugas cukup lama untuk berhasil menangkap tersangka lantaran tersangka berpindah-pindah tempat, baru pada Senin (12/3) lalu, petugas yang mendapat informasi keberadaan tersangka langsung menangkap tersangka di rumahnya.” Kita tangkap di rumahnya. Kita jerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” ungkapnya.

Akibat ulah dukun abal-abal ini, korban mengalami kerugian hingga Rp 12 juta . Petugas pun berhasil mengamankan barang bukti berupa 2 buah gentong, 1 buah udeng, 1 lembar kain jarik, 1 buah hulek hulek dan 1 buah jubah putih.

Reporter : Zainul  Rohman

Editor : Achmad  Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date