Ingatkan Peran Orang Tua Sebagai Guru di Rumah

Seminar Parenting Nasional

Kediri, koranmemo.com – Sebanyak 800 peserta mengikuti seminar parenting nasional yang digelar Penerbit Buku Erlangga bekerjasama dengan MI Muhammadiyah 1 Pare, Sabtu (14/1). Kegiatan yang digelar di Gedung Serbaguna Kelurahan Pare itu mendatangkan pembicara penulis buku Sepasang Sayap Menuju Surga yang juga artis senior, Astrie Ivo.

Melalui seminar ini, para peserta yang kebanyakan wali murid di MI Muhammadiyah 1 Pare diajak untuk mengingat kembali perannya sebagai guru bagi anak – anaknya di rumah. Ini lantaran waktu anak terbanyak berada di rumah dibanding waktu belajar di sekolah. Boleh dibilang orang tua sebenarnya merupakan pendidik utama.  ” Proses pembelajar terhadap anak berlangsung tidak hanya di lingkungan sekolah saja, dirumahpun anak melakukan proses pembelajaran dan disinilah peran orangtua sangatlah penting sebagai guru saat berada dirumah,”ujar Johan Ali Masyhar, ketua panitia seminar.

F-Seminar (1)Terpisah,  Astrie Ivo mengingatkan peran orang tua tidak hanya mendidik anak – anak dalam hal pendidikan formal, melainkan juga dalam ilmu agama. Keseimbangan antara pendidikan formal dan ilmu agama akan menjadikan karakter anak makin utuh dan berkualitas. Dan orang tualah yang berkewajiban memberikan ilmu agama sejak dini kepada anak – anaknya di rumah. “Pribadi anak – anak harus seimbang. Mereka harus mendapatkan pendidikan yang mumpuni namun jangan sampai melupakan agamanya. Dan disinilah peran orang tua benar – benar penting,” tegasnya.

Sementara itu, sebelum seminar dimulai, para murid MI Muhammadiyah 1 unjuk kreativitas. Mereka menampilkan berbagai kemampuan, mulai hafalan Alquran, tari – tarian hingga pencak silat. Perpaduan antara pembekalan bagi orang tua sekaligus ajang kreativitas bagi para murid ini, menurut M Ridwan, perwakilan Penerbit Erlangga, merupakan bukti kepedulian terhadap dunia pendidikan. “Acara ini kita selenggarakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sasaran bidik kami adalah orang tua, karena orang tua berperan sangat penting untuk mendidik anak. Ini salah satu bukti bahwa Penerbit Erlangga peduli pada pengembangan dunia pendidikan,” ujarnya.(yhy)

Follow Untuk Berita Up to Date