Indukan Buruk, Turunkan Kualitas Bibit Lele

Kediri, Koran Memo – Untuk menghasillkan bibit lele yang berkualitas unggul, dibutuhkan indukan dengan kualitas unggul pula. Jika dari induknya saja sudah yang berkualitas rendah, telur yang dihasilkan akan buruk dan akibatnya bibit-bibit lele tersebut tidak akan bisa bertahan hidup lama. Seperti yang terjadi di dua desa di Kecamatan Kandat, Desa Sumberjo dan Desa Ngreco.

Haryanti Sutrisno di salah satu pusat pembibitan lele di Desa Sumberjo
Haryanti Sutrisno di salah satu pusat pembibitan lele di Desa Sumberjo

Sekali bertelur, satu ekor induk lele bisa menghasilkan lebih dari 100.000 ekor telur. Namun karena beberapa faktor, yang bisa menjadi bibit lele siap jual hanyalah 50 persen dari keseluruhan telur yang menetas. Didin Saputro, salah satu pembibit lele di Desa Sumberjo mengatakan, agar bibit lele bisa dijual, ukurannya minimal harus 4 cm. “Untuk mencapai ukuran 4 cm, membutuhkan waktu sekitar 5 bulan mulai dari telur. Kalau indukan dari awal tidak bagus dan cuaca juga tidak mendukung, banyak yang mati,” ujar Didin, Jumat (02/10).

Haryanti Sutrisno, yang kemarin datang memenuhi undangan kedua desa mengatakan, para pembibit lele sebaiknya segera mencari induk yang berkualitas, seperti bibit lele Sangkuriang. Apabila yang menjadi masalah adalah modalnya, para pembibit lele harus lebih pintar dalam mengatur pengeluaran. “Salah satunya adalah mulai belajar tidak mengandalkan pakan dari pabrik,” ujar Haryanti.

Hal lain yang harus mulai dilakukan oleh para pembibit lele di Desa Sumberjo dan Desa Ngreco, kata Haryanti, adalah memperluas pangsa pasar. Jika selama ini mereka hanya menjual bibit lele sebatas wilayah Kediri dan sekitarnya, mulai sekarang mereka harus mulai berusaha untuk memasarkan hingga luar Jawa Timur. “Mulai bulan September kemarin, sudah banyak pembibit yang mencoba memasarkan di wilayah Jakarta dan Jawa Barat,” kata Mohammad Fauzi, ketua Guyub Rukun Lele Desa Sumberjo. Untuk hasilnya, karena masih dalam perjalanan, Fauzi dan pembibit lele lainnya hanya bisa berharap bibit-bibit lele tersebut akan bertahan hingga sampai ke tangan pemesan. (c6)

Follow Untuk Berita Up to Date